Falasifa, Rizqiyyatus Safa’ah Ayu (2020) Pembiasaan Iqra Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Di Ra Sholahiyah Pedawang Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (941kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (221kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (146kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (252kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (654kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9.Daftra Pustaka.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan iqro’ pada anak usia dini oleh orang tua untuk meningkatkan baca Al-Qur’an di RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus dan mengungkap faktor pendukung dan penghambat pembiasaan iqro’ pada anak usia dini oleh orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian kepala sekolah, 3 wali murid kelas A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan iqro’ pada anak usia dini oleh orang tua dapat meningkatan baca Al-Qur’an, pembiasaan orang tua yang dilakukan dengan selalu membiasakan anak setiap hari untuk selalu belajar iqro’ setiap harinya dengan didampingi oleh orang tua. Adapun pembiasaan iqro’ pada anak usia dini oleh orang tua untuk meningkatkan baca Al-Qur’an di RA Sholahiyah Pedawang Bae Kudus tersebut ada 7. ( 1 ) Penentuan ketentuan jadwal anak mengaji secara tetap oleh orang tua, ( 2 ) Orang tua duduk persebelahan untuk menjalin kedekatan kepada anak, ( 3 ) Pemberikan hadiah barang yang disukai dan memberikan suatu pujian, ( 4 ) Pembiasaan dimulai sejak anak umur 3 tahun, ( 5 ) Mendiskusikan kepada anak tempat yang nyaman, ( 6 ) Menyekolahkan anak ke lembaga TPQ dan tempat ngaji salah satu cara bagi orang tua yang kurang lancar membaca Al-Qur’an, ( 7 ) Menyimak, mengulang bacaan yang sudah dibaca dengan didampingi orang tua. Faktor penghambat pembiasaan iqro’ pada anak usia dini adalah sikap anak yang mudah berubah disetiap saat kadang anak merasa senang, dan tiba-tiba sedih ( menangis ) untuk itu menjadikan faktor penghambat pada pembiasaan iqro’. Faktor pendukung pembiasaan iqro’ pada anak usia dini oleh orang tua untuk meningkatkan baca Al-Qur’an adalah dukungan dari orang tua untuk selalu memberikan support kepada anak dengan selalu mendampingi anak ketika anak belajar iqro, orang tua selalu membiasakan anak belajar iqro’ setiap hari, orang tua memberikan semangat kepada anak dan memberikan pujian kepada anak sehingga anak merasa senang dan menambah semangat belajar anak selain memberikan semangat dan pujian orang tua juga memberikan hadiah kepada anak sesekali. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan baca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembiasan, pembelajaran iqro’ |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:10 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4101 |
Actions (login required)
View Item |