Ulil Albab, Muhammad (2017) IMPLEMENTASI PENGUKURAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE SOSIOMETRI DALAM SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP 2 JATI KUDUS TAHUN 2016/2017”. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 COVER .pdf Download (3MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan penggambaran hasil belajar pada umumnya cenderung ke kemampuan yang bersifat kognitif. Sedangkan aspek afektif dan psikomotorik jarang tersentuh, kalaupun tersentuh sifatnya hanya perkiraan belaka. Metode sosiometri merupakan pengukuran hasil belajar dalam sikap sosial siswa dengan melibatkan partisipasi dari para siswa itu sendiri, dimana penyelidikan dilakukan oleh teman-temannya sendiri. Teknik pengumpulan serta analisis data mengenai pilihan, komunikasi, dan pola interaksi antar individu dalam suatu kelompok pergaulan. Metode ini digunkan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek afektif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Implementasi pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri dalam sikap sosial siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP 2 Jati Kudus tahun 2016/2017. 2) Mengetahui faktor yang menghambat dan solusi dalam Implementasi pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri dalam sikap sosial siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP 2 Jati Kudus tahun 2016/2017. Penelitian ini mengambil data dari SMP 2 Jati Kudus. Subyek dari penelitiab ini adalah, kepala sekolah, guru, dan siswa SMP 2 Jati Kudus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri dalam sikap sosial siswa meliputi 1) persiapan yaitu dengan membuat tujuan dilaksankannya pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri, membuat angket sosiometri, membuat kriteria peniliaian dan penskoran. 2) Pelaksanaan yaitu dengan membagi angket sosiometri. 3) guru melakukan pengolahan data terhadap angket sosiometri yang sudah didapat sesuai dengan kriteria yang sudah dipersiapkan dan mengintrepetasikan skor pilihan ke dalam tabulasi matriks siswa. Bentuk sikap sosial dari siswa sendiri adalah sikap pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan serta kepedulian antar sesama teman. Sedang faktor yang menghambat dan solusi dalam Implementasi pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri dalam sikap sosial siswa adalah kurangnya guru PAI pada pemahaman konsep yang utuh mengenai pelaksanaan pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri itu sendiri dan problematika yang dialami siswa antara lain siswa kurang memahami hakekat pengukuran hasil belajar melalui metode sosiometri sendiri. Solusi yang dilakukan meliputi optimalisasi MGMP di tingkat sekolah, mengadakan pelatihan-pelatihan terhadap guru PAI, selalu memberikan bimbingan kepada siswa pada waktu proses pembelajaran tentang hakekat sosiometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Hasil Belajar; Metode Sosiometri; Sikap Sosial |
Subjects: | 200 Agama 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 03:08 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 03:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/411 |
Actions (login required)
View Item |