Implementasi Metode Montessori Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Huruf Di Ra Khoiriyah Bae Kudus

Putri, Rizqi Abadi (2020) Implementasi Metode Montessori Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Huruf Di Ra Khoiriyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (951kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (825kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi setiap manusia memiliki tugas-tugas perkembangan pada tiap periode perkembangannya. Salah satu tugas perkembangan pada akhir masa anak adalah belajar keterampilan dasar membaca yakni pengenalan huruf. Membaca memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari sehingga minat membaca seharusnya mulai ditumbuhkan ketika anak berada pada usia dini. Maka dari itu, peneliti memilih RA Khoiriyah Bae Kudus sebagai tempat penelitian dikarenakan RA Khoiriyah Bae Kudus sudah menggunakan Metode Montessory untuk mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya RA Muslimat Khoiriyah Bae Kudus dalam meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada peserta didiknya. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya RA Muslimat Khoiriyah Bae Kudus meningkatkan kemampuan pengenalan huruf pada peserta didiknya Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dihasilkan melalui beberapa teknik jenisnya wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan guna menghasilkan data menggunakan Metode Montessory untuk mengembangkan kemampuan pengenalan huruf pada peserta didiknya. Hasil penelitian ini adalah: 1)Implementasi penggunaan Metode Montessori dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca di RA Muslimat NU Khoiriyah Bae Kudus terdiri dari : pengenalan huruf menggunakan permukaan kasar berupa puzzle hururf, penggunaan kartu huruf, membacakan cerita kepada anak, bercerita menggunakan buku cerita bergambar. 2) Faktor pendukung terdiri dari sarana dan prasarana yang memadai, guru yang kompeten serta peserta didik sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari suasana belajar yang kurang kondusif dan pengalaman belajar anak di rumah. RA Khoiriyah Bae Kudus memberikan solusi berupa penggunaan metode yang bervariasi dengan bercerita dan parenting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Montessori, Membaca, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 03:58
Last Modified: 06 May 2021 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item