Permatasari, Diana (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Siswa Di MI Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (315kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (554kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (644kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (447kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (717kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (345kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapanmetode tahfidz dalam meningkatkan hafalan Qur’an peserta didik Di MI Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati. UntukMendiskripsikanproblematika penerapan metode tahfidz dalam meningkatkan hafalan peserta didik, danmenjelaskan bagaimana mendiskripsikan solusi dari kendala penerapan metode tahfidz dalam meningkatkanhafalan peserta didik. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datadengan wawancarasemi terstruktur, observasi nonpartisipan,dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui ujicredibilitydengan teknik perpanjanganpengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi.Dan teknik analisisdatayang digunakan meliputi teknik reduksi data (datareduction), penyajian data(data display) dan data verifikasi (conclution drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode PembelajaranTahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Qur’an Peserta Didik di MI Tahfidzul Qur’an Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati TahunPelajaran 2019 / 2020. Adapun metode-metodenya adalah 1)metode musyafahah atau bertatap muka, metode resitasi yang dilaksanakan pada waktu subuh, metode takrir yangdilakukan sehabis ashar, metode mudarrosah atau menghafal secara bergantian dilaksanakan pada malam ahad.(2) Dalam pelaksanaannya penerapan metode pembelajaran yang berjalan di MI Tahfidzul Qur’an ini terdapatproblematika yang dihadapi yakni:a)Masih sulit dalam membaca Al-Qur’an.b)Peserta didik memiliki kemampuan berbeda-beda.c) Rasa malas, mengantuk dan kurang konsentrasi yang sering dialami peserta didik.d) Masih sering terdapat peserta didik yang manja, gaduh dan sering bermain-main.(3)Solusi dari problematika penerapan metodepembelajaran tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MI Tahfidzul Qur’an disesuaikan dengan masalah yang dihadapi dan sudah cukup baikpenanganannya. Adapunsolusi-solusi yang diberikan oleh guru berbentukedukatif dan non edukatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, hafalan siswa |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 May 2021 02:57 |
Last Modified: | 07 May 2021 02:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4132 |
Actions (login required)
View Item |