Model Bimbingan dan Konseling dengan Pendekatan Behavioristik untuk Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MTs Yasi Kronggen Brati Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019

Arifin, Samsul (2020) Model Bimbingan dan Konseling dengan Pendekatan Behavioristik untuk Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MTs Yasi Kronggen Brati Grobogan Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (703kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (812kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (555kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Metode penelitian ini adalah penelitian desktriptif (descriptive research), dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi. Adapun subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru BK, walikelas, dan siswa. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Penerapan bimbingan dan konseling dengan pendekatan behavioristik di MTs Yasi Kronggen melalui empat tahap meliputi identifikasi masalah, menentukan tujuan, implementasi teknik, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung penerapan bimbingan dan konseling dengan pendekatan behavioristik meliputi kebiasaan atau tradisi yang ada di madrasah, kesadaran para siswa, adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membina akhlakul karimah siswa, motivasi dan dukungan dari kedua orangtua. Hambatan penerapan bimbingan dan konseling dengan pendekatan behavioristik anatar lain, latar belakang siswa yang kurang mendukung, lingkungan masyarakat (pergaulan), kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh dari tayangan televisi. Alternatif pemecahan masalah antara lain, sejak awal memperkenalkan anak tentang bimbingan dan konseling, menjalin kerjasama antara semua pihak yang tersangkut, memberikan motivasi dan dorongan kepada siswa saat bimbingan. 3) Dampak penerapan bimbingan dan konseling dengan pendekatan behavioristik setelah mendapatkan bimbingan konseling dengan pendekatan behavioristik yakni mengalami pengembangan kearah yang lebih baik seperti menaati peraturan sekolah, dan bersikap sesuai norma agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling. Pendekatan Behavioristik, Akhlakul Karimah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2021 03:45
Last Modified: 10 May 2021 03:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item