Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara

Nadiyya, Khilma (2020) Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (477kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (440kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah pentingnya metode bercerita dengan media boneka jari dalam meningkatkan kemampuan dasar bahasa anak usia dini. Dengan meningkatkan kemampuan dasar bahasa akan menjadikan anak lebih banyak menguasai perbendaharaan kosa kata serta aktif berkomunikasi dan menjadikan anak lebih percaya diri. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara, Untuk mengetahui kendala dan solusi Implementasi Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana Implementasi Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara? 2. Bagaimana kendala dan solusi Implementasi Metode Bercerita dengan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B di RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara? Penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah anak kelas B RA Al Husna Bandungrejo Kalinyamatan Jepara, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi , wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu yang pertma dengan reduksi data (merangkum) guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai pelaksanaan metode bercerita dengan media boneka jari, kedua dengan penyajian data (data display) berupa uraian singkat serta penjelasan yang berkaitan dengan pernyataan seputar analisis implementasi metode bercerita dengan media boneka jari, ketiga verifikasi data (data verification) data dirangkum dan diringkas dengan melihat keseluruhan proses kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bercerita dengan media boneka jari dalam meningkatkan kemampuan dasar bahasa anak usia dini yaitu: 1) Implementasi metode bercerita dengan media boneka jari terdapat 3 tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap persiapan guru membuat RPPH dengan menyesuaikan tema pembelajaran, tahap pelaksanaan kegiatan bercerita dengan boneka jari mencakup keterlibatan anak dalam megikuti kegiatan bercerita dengan boneka jari, tahap evaluasi guru mengadakan recalling (mengingat kembali) kegiatan pembelajaran kepada peserta didik melalui berbagai aspek-aspek perkembangan, yakni kognitif, psikologis, sosial emosional dan yang terkait dengan penelitian ini yakni aspek bahasa, anak akan lebih memahami hal yang dimaksudkan guru, seperti perintah, aturan dan cerita. Pelaksanaan implementasi metode bercerita dengan media boneka jari dilaksanakan tiga kali pertemuan, yaitu hari pertama bercerota tentang proses terjadinya hujan, hari kedua bercerita tentang kisah kapal nabi nuh, kemudian dihari ketiga menceritakan tentang hujan dan diselingi nyanyian tik tik tik bunyi hujan. 2) Kendala implementasi metode bercerita dengan boneka jari yaitu kendala peserta didik yang meliputi terjadinya sedikit masalah terkait kondisi beberapa anak yang terlalu aktif sehingga tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Melihat kendala tersebut tentu guru tidak tinggal diam, solusi yang dilakukan adalah dengan lebih semangat, ceria, kreatif dan tanggap dalam menanggapi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Media Boneka Jari, Kemampuan Dasar Bahasa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2021 04:03
Last Modified: 17 May 2021 04:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item