Baroroh, Rosalinal (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Fiqih dalam Mengajar di MTs Al-Alawiyah Karangrandu Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf Download (652kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (136kB) |
|
Text
3.Daftar Isi.pdf Download (150kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (341kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (489kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (199kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (502kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (142kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai latar belakang peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru fiqih dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Fiqih dalam mengajar (2) untuk mengetahui kendala dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru Fiqih dalam mengajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru fiqih serta pihak-pihak yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dengan triangulasi data, triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan tahap pengambiln kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru fiqih dalam mengajar baik sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator adalah dengan selalu memberikan pelatihan dan pendidikan, mengikuti kegiatan MGMP, seminar yang dapat mengembangkan kualitas mengajar guru fiqih, memberikan motivasi, melakukan supervisi yang dilakukan melalui kunjungan kelas untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung dan sebagainya. (2) kendala yang dialami guru fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran saat mengajar berasal dari segi internal yaitu dari siswanya sendiri yang malas, kesiapan siswa dalam menerima materi, kurangnya minat dan motivasi. Kendala yang disebabkan dari faktor eksternal adalah kesiapan dari guru ketika akan mulai pembelajaran, metode yang digunakan, adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan kurangnya sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Pembelajaran , Guru Fiqih |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2021 01:39 |
Last Modified: | 18 May 2021 01:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4180 |
Actions (login required)
View Item |