Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Fun Book Untuk Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini di RA Al Junaidiyaah 01 Papringan Kaliwungu Kudus

Anbasana, Mega Nura (2019) Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Fun Book Untuk Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini di RA Al Junaidiyaah 01 Papringan Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
3.daftar isi.pdf

Download (137kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mendiskripsikan pemanfaatan alat permainan edukatif Fun Book untuk meningkatkan minat membaca permulaan anak usia dini di RA Al Junaidiyah 01 Papringan Kaliwungu Kudus, Untuk mendiskripsikan faktor penghambat dalam pemanfaatan alat permainan edukatif Fun Book untuk meningkatkan minat membaca permulaan anak usia dini di RA Al Junaidiyah 01 Papringan Kaliwungu Kudus, Untuk mendeskripsikan solusi dalam pemanfaatan alat permainan edukatif Fun Book untuk meningkatkan minat membaca permulaan anak usia dini di RA Al Junaidiyah 01 Papringan Kaliwungu Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan merupakan jenis penelitian lapagan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkakan ketekunan, triangulasi yang meliputi triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber, bahan referensi, serta member check. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1) Pemanfaatan alat permainan edukatif Fun Book untuk meningkatkan minat membaca permulaan pada anak usia dini di RA Al Junaidiyah 01 Papringan Kaliwungu Kudus terdapat adanya peningkatan. Dimana guru sebagai fasilitator dapat menarik perhatian anak dengan menunjukkan Fun Book dihadapan anak-anak. Lalu guru menanyakan gambar apa yang ada pada Fun Book tersebut, setelah itu guru menuliskan huruf satu persatu dan anak mengeja bersama-sama. Setelah itu guru mengajak peserta didik bernyanyi bersama kemudian guru menanyakan bagaimana pengalaman mereka tentang gambar tersebut. Selain itu, guru dapat mengajak anak ke tempat pojok baca. 2) Faktor penghambat yaitu berasal dari tingkat kecerdasan anak yang berbeda dan sarana peralatan itu sendiri. Tidak semua anak memiliki kemampuan daya ingat dan kemampuan konsentrasi yang memadai. Dalam sarana peralatan yaitu jumlah Fun Book yang kurang seimbang dengan jumlah siswa, juga huruf dalam Fun Book yang kurang besar. Adapun faktor pendukungnya adalah bentuk Fun Book yang menarik dan berwarna warni juga terdapat Bahasa Inggris didalamnya. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan yaitu guru yang kreatif akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu membuat suasana atau kondisi kelas menjadi menyenangkan, membuat inovasi-inovasi atau membuat alat permainan edukatif yang dibutuhkan untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif Fun Book, Membaca Permulaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2021 03:43
Last Modified: 18 May 2021 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item View Item