Korelasi Kedisiplinan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa di MI Miftahul Falah Banyumanis Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2019/2020

Mafruhah, Isna (2019) Korelasi Kedisiplinan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa di MI Miftahul Falah Banyumanis Donorojo Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (755kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (212kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (591kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan siswa dalam kegiatan kestrakurikuler Pramuka dengan kecerdasan sosial siswa MI Miftahul Falah Banyumanis Tahun 2019/2020, subyek penelitian siswa kelas 4, 5, dan 6 MI Miftahul Falah Banyumanis yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi dengan jumlah populasi sebanayk 138 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dan pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi ini, sehingga peneliti mengambil sampel sebanyak jumlah 95 siswa dengan taraf kesalahan 5%, sedangkan untuk pengumpulan data untuk kedua variabel yaitu kedisiplinan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sebagai variable X dan kecerdasan sosial siswa sebagai variable Y menggunakan instrumen angket. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan korelasi Poduct Moment maka hipotesis yang menyatakan: “Ada hubungan antara kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan kecerdasan sosial siswa MI Miftahul Falah Banyumanis tahun 2019/2020, pada taraf signifikansi 5 % diterima, demikian juga pada taraf signifikansi 1 % dapat diterima hal ini dibuktikan dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai rhitung sebesar 0,614 taraf signifikansi 5% rhitung =0,614>0,202 (rtabel) ini berarti ada hubungan (korelasi) yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Pada taraf signifikansi 1% rhitung = 0,614> 0,263 (rtabel) ini berarti ada hubungan (korelasi) antara kedua variabel. Baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1 % menunjukan adanya angka yang lebih besar, ini artinya ada hubungan kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan kecerdasan sosial siswa MI Miftahul Falah Banyumanis tahun 2019/2020, sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dan dapat dibuktikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pembina pramuka agar meningkatkan dan mengaktifkan kegiatan pramuka, demikian juga seluruh siswa, orang tua, guru dan juga kepala sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pramuka, Kedisiplinan, Kecerdasan Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2021 03:49
Last Modified: 18 May 2021 03:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item