Putri, Rizka Amalia (2020) Implementasi Program Outing Class dalam Meningkatkan Motivasi dan Pengalaman Belajar Siswa Kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (312kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (859kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (979kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (668kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (645kB) |
Abstract
Belajar adalah bentuk pengalaman interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran yang hanya dilaksanakan di dalam kelas akan menimbulkan rasa jenuh dan bosan bagi siswa. Sehingga dilaksanakan program Outing class yaitu belajar sambil bermain di luar kelas dengan suasana yang menyenangkan , dengan tujuan menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa dan meningkatkan semangat atau motivasi dan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program outing class dalam meningkatkan motivasi dan pengalaman belajar siswa kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, (2) mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi program outing class dalam meningkatkan motivasi dan pengalaman belajar siswa kelas IV di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan program outing class di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon melalui tiga tahapan yaitu: a) perencanaan meliputi menetapkan tujuan, waktu, menyusun rencana belajar, dan peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan, b) pelaksanaan meliputi adanya pembukaan dan pemberian materi mengenai cara membuat ice cream, tanya jawab, dan terakhir bermain outbond di area yang sudah disediakan, c) tindak lanjut meliputi siswa diberikan tugas untuk menulis kegiatan apa saja mulai dari awal pemberangkatan hingga pulang. 2) faktor pendukung atau pendorong dalam kegiatan outing class adalah adanya partisipasi dari orang tua, tidak adanya biaya yang dibebankan oleh siswa, adanya pendampingan yang baik dari pihak lokasi yang dikunjungi, dan antusias dari siswa saat pelaksanaan kegiatan outing class sehingga menjadi pemicu semangat bagi siswa untuk belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang terlalu banyak, pemilihan lokasi, keamanan lokasi, kurangnya pendamping dan kurangnya rencana belajar yang jelas. Solusi yang dapat diterapkan adalah pembagian siswa menjadi beberapa kelompok, peninjauan lokasi terlebih dahulu dan membuat rencana belajar yang jelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Outing class, Motivasi, Pengalaman Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 May 2021 02:04 |
Last Modified: | 24 May 2021 02:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4232 |
Actions (login required)
View Item |