Peran Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ke-NU-an di Kecamatan Kaliwungu Kudus Tahun 2020

Arif, Saiful (2020) Peran Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ke-NU-an di Kecamatan Kaliwungu Kudus Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR_REVISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (415kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Alasan dalam penelitian ini adalah kasus madrasah yang ada dalam prakarsa Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kaliwungu Kudus menunjukkan kondisi kualitas guru mapel mulok ke-NU-an di pedesaan lebih rendah dari pada di perkotaan sehingga menyebabkan madrasah memiliki kualitas rendah. Oleh karena itu pengelolaan madrasah harus diperhatikan dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang mencoba memahami secara mendalam dan menjelaskan data – data peran dan fungsi Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama terhadap guru mata pelajaran ke-NU-an di kecamatan Kaliwungu Kudus, Metode Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran ke-NU-an di kecamatan Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha mengungkapkan dan memahami kualitas sesuatu secara mendalam. Subyek penelitian ini adalah 7 orang. Data – data dikumpulkan dengan wawancara semiterstruktur, observasi terus terang, dokumentasi. Setelah data – data terkumpul dan dianalis diperoleh hasil penelitian bahwa peran lembaga pendidikan ma’arif Nahdlatul Ulama terhadap guru mata pelajaran ke-NU-an di kecamatan Kaliwungu Kudus adalah sebagai pelaksana kebijakan – kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama di Kaliwungu Kudus, sebagai pemberi wawasan, dan sebagai pemberdaya potensi guru mata pelajaran ke-NU-an di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Metode Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran ke-NU-an di Kecamatan Kaliwungu Kudus adalah 1) membentuk Forum Komunikasi Guru MI (FKGMI) guru mapel mulok ke-NU-an, 2) pembinaan KI dan KD mapel mulok ke-NU-an , 3) penyeragaman buku pengangan ke-NU-an, 4) penambahan wawasan tentang aswaja, 5) memberikan mandat kepada guru mapel mulok ke-NU-an untuk dapat membiasakan aktifitas – aktifitas yang berciri khas NU kepada anak didik, 6) penanaman nilai – nilai aswaja kepada guru mapel mulok ke-NU-an, 7) pengadaan workshop dan pelatihan – pelatihan. Kendala Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kaliwungu Kudus dalam menanamkan prinsip aswaja terhadap guru mapel mulok ke-NU-an MI sekecamatan Kaliwungu Kudus adalah terbatasnya waktu dan anggaran daana yang kurang maksimal, kurangnya aspek kinerja dan kepribadian guru mapel mulok ke-NU-an dan pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kaliwungu Kudus, dan kurangnya kesadaran tugas dan tanggung jawab guru mapel mulok ke-NU-an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LP Ma’ari NU, Guru Mapel Mulok Ke-NU-an, Aswaja
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2021 02:09
Last Modified: 24 May 2021 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item