Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al Madina Kaliombo Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara

Soekah, Siti (2020) Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al Madina Kaliombo Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (470kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan guru PAI dalam memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran, kelebihan multimedia terhadap proses kegiatan pembelajaran dan kekurangan multimedia terhadap proses kegiatan pembelajaran di SMP Islam Al Madina Kaliombo Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan 3 peserta didik kelas IX. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi tehnik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah memanfaatkan media pembelajaran yang sudah tersedia di sekolah berupa LCD, PPT dan pemutaran video pada materi haji dan umroh di kelas IX untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik, mendapat respon siswa, mengembangkan konsep bersifat verbal dan menambah wawasan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dikembangkan berupa multimedia. Upaya dan kendala yang dialami untuk memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan meningkatkan sumber daya manusia meskipun dalam fpengembangan harus melalui berbagai tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Multimedia mempunyai kelebihan yaitu multimedia menyediakan proses interaktif, mempermudah kontrol yang sistematis dalam proses pembelajaran dan menjadi sumber petunjuk dalam belajar. Kekurangan multimedia yaitu belum tentu pesan yang disampaikan mampu ditangkap oleh indra setiap siswa karena tidak semua siswa memiliki ketajaman indra yang sama seperti pencahayaan di ruang kelas dan biaya yang mahal karena alat yang dibutuhkan mahal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Multimedia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2021 01:49
Last Modified: 25 May 2021 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item