Implementasi Pembiasaan Infak dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Miftahurrohmah, Eva (2020) Implementasi Pembiasaan Infak dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (888kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (474kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui implementasi pembiasaan infak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dalam implementasi pembiasaan infak oleh peserta didik di MI NU Sabilul Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2020/2021, dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembiasaan infak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field reserch. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala madrasah, dewan guru dan peserta didik. Sumber data meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data meliputi uji kreadibilitas, transferability,dependability,dan confirmability. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data reduction, data display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pembiasaan infak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus dilaksanakan dilaksanakan setiap hari setelah berdoa bersama sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Karakter religius yang terbentuk meliputi nilai ibadah, peduli sosial, ikhlas dan jujur. 2) Dampak yang ditimbulkan dalam implementasi pembiasaan infak pada peserta didik meliputi dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu melalui infak kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT., menjadi terbiasa berinfak dimanapun tanpa diperintah, dan melatih peserta didik bersikap tanggung jawab, ikhlas, dan jujur serta dapat mengembangkan dan membantu kebutuhan sarana dan prasarana madrasah. Dampak negatifnya yaitu masyarakat memandang sebelah mata terhadap dana infak. 3) faktor pendukung dan peghambat implementasi pembiasaan infak dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MI NU Sabilul Ma’arif Islamiyah Klumpit Gebog Kudus yaitu faktor pendukungnya meliputi orang tua yang memberikan uang saku kepada peserta didik dan pihak sekolah (kepala madrasah dan guru). Sedangkan faktor penghambatnya meliputi peserta didik, orang tua yang kurang setuju adanya infak dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Infak, Karakter Religius.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2021 02:05
Last Modified: 25 May 2021 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item