Mifrokhatun, Hanik (2019) Bimbingan Keagamaan dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Emosi Remaja Di Panti Asuhan Aisyiyah Kudus (studi kasus sebelum dan setelah masuk asrama). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (869kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (517kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (696kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (377kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (567kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (367kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Bimbingan Keagamaan dalam mendampingi proses perkembangan emosi remaja Panti Asuhan Aisyiyah Kudus. (2) Implikasi bimbingan keagamaan terhadap perkembangan emosi remaja Panti Asuhan Aisyiyah Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling. jumlah informan penelitian ini sebanyak lima informan yaitu 1 ketua Panti, 2 pengasuh, 1wali remaja, 1 pembimbing agama dan 10 remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan, diberikan kepada remaja dalam mendampingi proses perkembangan emosi telah berjalan dengan baik, Hal ini dapat dilihat dari metode-metode yang digunakan dalam proses bimbingan keagamaan, pertama metode komunikasi langsung, yaitu dengan menasehati tentang akhlak dan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari, kedua metode komunikasi tidak langsung, yaitu dengan menyediakan perpustakaan islami dan menempelkan nasehat-nasehat bernuansa islami, ketiga metode kelompok, yaitu untuk melatih mental remaja. Berbagai bimbingan keagamaan tersebut diberikan karena melihat kondisi perkembangan emosi remaja yang belum stabil sebelum masuk asrama Panti Asuhan, hal ini diakibatkan remaja berasal dari latar belakang keluarga yang bermasalah, terlihat dari perasaan takut, sedih, dan marah ketika dinasehati pengasuh. Setelah masuk asrama, Bimbingan Keagamaan dapat berimplikasi terhadap perkembangan emosi remaja Panti Asuhan Aisyiyah menjadi lebih stabil, ditunjukan dengan kebahagiaan, keikhlasan dan kebijaksanaan remaja dalam menghadapi permasalahan di Panti Asuhan Aisyiyah Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Keagamaan, Perkembangan Emosi Remaja |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:46 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4267 |
Actions (login required)
View Item |