Analisis Model Pembelajaran IPA Berbasis Science ‎Technology Society (STS) Karya John M Ziman Dan ‎‎Relevansinya ‎Dengan Pendidikan IPA saat ini

Qomariyah, Elviana Lailatul (2020) Analisis Model Pembelajaran IPA Berbasis Science ‎Technology Society (STS) Karya John M Ziman Dan ‎‎Relevansinya ‎Dengan Pendidikan IPA saat ini. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (852kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (853kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan produk teknologi memerlukan kesiapan dari masyarakat, baik itu kesiapan pengetahuan tentang produk tersebut dan kesiapan mental untuk tidak menggunakan produk teknologi untuk tujuan yang dampaknya merugikan orang/masyarakat. Sains merupakan komponen yang dapat membantu meningkatkan kesiapan pengetahuan masyarakat dan penggunaan tentang produk teknologi. Selain itu, Sains juga dapat berperan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan sumber daya alam atau meningkatkan pemahaman masyarakat tentang gejala alam dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang konsep pendidikan, kelebihan dan kelemahan, dan relevansi pendidikan saat ini Science ‎Technology Society (STS) menurut John M Ziman. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Menurut John M Ziman pendekatan Science ‎Technology Society (STS) adalah suatu usaha untuk menyajikan sains (IPA) melalui pemanfaatan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan sains teknologi dan masyarakat melibatkan siswa dalam penentuan tujuan pembelajaran, prosedur pelaksanaan pembelajaran, pencarian informasi bahan pembelajaran dan bahkan pada evaluasi belajar. Pendekatan Science ‎Technology Society (STS) yaitu agar dihasilkan siswa-siswa yang memiliki bekal ilmu dan pengetahuan agar nantinya mampu mengambil keputusan-keputusan terkait masalah-masalah dalam masyarakat. 2) Beberapa keunggulan dari model pembelajaran Science ‎Technology Society (STS), yaitu : mengembangkan aspek kognitif, mengembangkan keterampilan emosional dan spiritual, lebih menarik dan lebih mudah dicerna, meningkatkan prestasi siswa, memiliki kreatifitas yang lebih tinggi, dan sebagainya. Sedangkan kelemahannya, yaitu : menggunakan waktu yang lebih lama, guru memerlukan wawasan yang luas dari guru dan melatih tanggap terhadap masalah lingkungan, memerlukan penguasaan materi yang terkait dengan proses sains yang dikaji selama pembelajaran oleh guru dan memerlukan usaha dalam penyusunan perangkat penilaian secara khusus, 3) Relevansi STS dengan pendidikan IPA saat ini diantaranya: Model STS sesuai dan diperlukan oleh guru dalam pembelajaran saat ini, Model STS sesuai kebutuhan peserta didik pada masa sekarang, dan Model STM sesuai untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengunaan sains teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Science ‎Technology Society (STS) , Model Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2021 02:51
Last Modified: 27 May 2021 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item View Item