Implementasi Metode Bercerita pada Kisah Nabi Sulaiman AS dalam Mengembangkan Nilai Agama Islam, Moral dan Bahasa di RA Karmaini Jekulo Kudus Tahun 2019/2020

Ni’mah, Lailatun (2019) Implementasi Metode Bercerita pada Kisah Nabi Sulaiman AS dalam Mengembangkan Nilai Agama Islam, Moral dan Bahasa di RA Karmaini Jekulo Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah terdapat anak ketika berdo’a dengan sikap yang kurang baik, sedangkan dalam hal moral kurang berpengarai baik seperti mengganggu dan usil dengan temannya, serta terdapat anak yang mengambil uang jajan tanpa sepengetahuan temannya. Kemudian dalam perkembangan bahasa terdapat anak yang kurang baik ketika berbicara dengan teman maupun guru. Sehingga dalam permasalahan yang ada peneliti fokus melakukan penelitian dalam nilai agama Islam, moral dan bahasa. Penelitian menggunakan metode bercerita karena metode tersebut cukup efektif dalam mengembangkan nilai agama Islam, moral dan bahasa anak. penelitian yang dilakukan untuk 1) mengetahui implementasi metode bercerita pada kisah Nabi Sulaiman AS dalam mengembangkan nilai agama Islam, moral dan bahasa. 2) mengetahui kendala ketika penelitian berlangsung. 3) mengetahui solusi ketika implementasi metode bercerita. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Lokasi penelitian yang ditentukan peneliti di RA Karmaini Jekulo Kudus. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Sedangkan teknik untuk menganalisis data yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi metode bercerita pada kisah Nabi Sulaiman AS dalam mengembangkan nilai agama Islam, moral dan bahasa di RA Karmaini Jekulo Kudus. Guru menyampaikan cerita kisah Nabi Sulaiman AS dengan suasana yang menyenangkan dan pembawaan cerita yang menarik, melalui metode bercerita dengan media gambar, bercakap – cakap, dan mengajukan pertanyaan. Setelah selesai dalam bercerita dibawah bimbingan guru, anak diajak mengambil nilai – nilai agama Islam, moral/positif untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. (2) mengetahui kendala dalam pelaksanaanya adalah faktor dari dalam guru yang kurang siap dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, dan siswa yang mempunyai latar belakang yang berbeda – beda baik kecerdasan dan latar belakang sosial ekonomi keluarga. Sedangkan faktor dari luar yaitu sarana prasarana kurang memadai dan mendukung dalam proses belajar. (3) mengetahui solusinya yaitu guru berusaha sikap profesional dalam mengajar, memaksimalkan sarana prasarana dalam menunjang pembelajaran di kelas, dan melengkapi alat peraga sebagai media pembelajaran yang belum ada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Nilai Agama Islam, Moral, Bahasa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2021 01:57
Last Modified: 28 May 2021 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4277

Actions (login required)

View Item View Item