Hidayah, Fatimatul (2020) Implementasi Metode Cerita Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia Anak Usia Dini di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (369kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (460kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (376kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (570kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (341kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Banyak metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan dasar bahasa indonesia anak usia dini. metode itu adalah metode cerita bergambar yang dapat digunakan dalam mengembangkan aspek bahasa (menerima bahasa, mendengar dan membuat bunyi-bunyi verbal (berbicara) anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar bahasa indonesia anak usia dini, mendiskripsikan metode cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan dasar bahasa indonesia anak usia dini di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Peneliti menggunakan penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi aktif, wawancara bebas, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji kredibilitas data, uji depenabilitas data, uji transferabilitas data, dan uji konfirmabilitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu: data reduction, data display, dan conclution drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan dasar bahasa indonesia anak usia dini di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus sudah sesuai dengan standar perkembangan usianya, hal ini ditunjukkan bahwa anak dapat menyebutkan nama-nama nabi, nama-nama binatang, ciri-ciri binatang, nama benda atau alat peraga yang diperlihatkan, sambil mengekspresikan diri, menjawab pertanyaan sederhana, membedakan perbuatan baik dan buruk, bernyanyi, menceritakan kembali cerita yang sudah disampaikan oleh guru secara sederhana. Anak diharapkan memiliki kesanggupan menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain, memiliki pembendaharaan kata yang cukup luas, memiliki kesanggupan untuk menangkap pembicaraan orang lain serta berani untuk mengungkapkan pendapat. 2) Metode cerita bergambar setiap proses pembelajarannya meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Guru dapat mengusahakan tiga hal berikut sebagai hasil akhir setelah menerapkan metode bercerita: 1) Membawa anak pada pengalaman unik dan menarik. 2) Menggetarkan perasaan anak. 3) Memotivasi anak untuk mengikuti cerita sampai tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Cerita Bergambar, Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 07:09 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 07:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4317 |
Actions (login required)
View Item |