Efektivitas Metode Role Playing (Bermain Peran) dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Khoiriyah Guwo Tahun 2018/2019

Mu’allifah, Ummi (2019) Efektivitas Metode Role Playing (Bermain Peran) dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Khoiriyah Guwo Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem yang terjadi di MTs Khoiriyah Guwo: 1) Kurangnya minat dan motivasi siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. 3) penggunaan metode yang tradisional dan monoton. 2) Rendahnya sikap/tata krama siswa. Untuk itu penulis fokus mengenai 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode role playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Khoiriyah Guwo tahun pelajaran 2018/1019?, 2) Bagaimana penerapan metode role playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Khoiriyah Guwo tahun pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana hasil dari penerapan metode role playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Khoiriyah Guwo tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan jenis penelitian qualitative research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs Khoiriyah Guwo yaitu penelitian ini di khususkan pada siswa kelas VIII. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa 1) Pembelajaran akidah akhlak di MTs Khoiriyah Guwo masih menggunakan metode yang tradisional, untuk itu kepala sekolah dan dewan guru menerapkan metode yang lebih bervariatif yaitu role playing dalam upaya meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, namun tidak hanya itu perencanaan yang bgitu matang akan mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. 2) Penerapan metode role playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Khoiriyah Guwo, yaitu terkait dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran akidah akhlak meningkatkan kesadaran siswa dengan bersikap tanggung jawab, toleransi, hormat, santun dan rendah hati. Penggunaan metode yang bervariatif mampu membuat siswa tertarik dan antusias. Siswa mulai banyak mengalami perubahan terlebih dengan sikap siswa. 3) Hasil dari penerapan metode role playing (bermain peran) dalam upaya meningkatkan karakter siswa di MTs Khoiriyah Guwo terkait dengan variasi metode yang menarik siswa dapat bertindak dan mengekspresikan perasaan dan pendapat tanpa mengkhawatirkan kecemasan mendapatkan sanksi.pembelajaran dikatakan efektif apabila dalam proses pembelajaran pada setiap elemen berfungsi secara keseluruhan, peserta didik merasa tenang, puas dengan hasil pembelajaran, membawa kesan, sarana dan prasarana yang memadai serta materi, metode dan media yang sesuai serta pendidik yang professional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru mengguanakan variasi-variasi metode dalam mengajar. Variasi yang di gunakan untuk membuat siswa tertarik dan antusias. Dengan menggunakan metode role playing motivasi belajar meningkat dan sikap siswa hampir 70% mengalami peningkatan. Mereka mampu memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika dibandingkan sebelum menggunakan metode role playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing (Bermain Peran), Meningkatkan Karakter Siswa, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2021 08:08
Last Modified: 02 Jun 2021 08:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item