Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Perspektif Pendekatan Saintifik

Jannah, Miftachul (2020) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Perspektif Pendekatan Saintifik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (570kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran Mind Mapping dalam perspektif pendekatan saintifik, (2) implementasi model pembelajaran Mind Mapping dalam perspektif pendekatan saintifik untuk peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (penelitian kepustakaan). Jenis penelitian kepustakaan memanfaatkan perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analitis (descriptive of analyze research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer maupun sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam model pembelajaran Mind Mapping perspektif dalam pendekatan saintifik guru dapat menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dan memasukkan langkah-langkah pendekatan saintifiknya ke dalam proses pembelajaran Mind Mapping. Langkah- langkahnya yaitu (1) guru masuk dan menyampaikan tujuan pembelajaran, (2) guru menjelaskan materi pelajaran dan siswa menyimaknya, (3) guru membagi kelompok siswa, (4) guru memberikan permsalahan seputar materi dan untuk menajawabnya siswa diminta membuat Mind Mapping, (5)guru bertanya dan mempersilahkan siswa bertanya,(6) siswa disuruh guru mebaca materi dan berdiskusi, (7) siswa menghubungkan konsep dalam proses membuat Mind Mapping,(8) guru menyuruh siswa presentasi hasil karyanya, (9) guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. Implementasi model pembelajaran Mind Mapping dalam perspektif pendekatan saintifik untuk peningkatan hasil belajar siswa yaitu antara peran guru dan peran siswa dapat dilaksanakan dengan baik dalam prakteknya, sebab jika peran guru dan siswa dapat dilaksanakan secara maksimal pasti proses pembelajarannya berhasil dan akan berpengaruh pada hasil belajarnya yang meningkat. Mind Mapping juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena menggunakan otak kanan dan otak kiri secara seimbang. Sedangkan otak dan kecerdasan adalah dua hal yang sangat berkaitan. Fungsi kedua belah otak yang optimal berperan penting dalam menentukan kecerdasan. Proses pembelajaran Mind Mapping juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku yang menuntut siswa untuk aktif. Jadi dengan adanya Mind Mapping yang dipadukan dengan pendekatan saintifik akan menjadi pembelajaran yang aktif, menarik, kreatif, sesuai dengan kurikulum dan menyenangkan. Hal tersebut dapat membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Mind Mapping, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:48
Last Modified: 03 Jun 2021 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item