Ruqoyyah, Siti (2019) Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di MTs Al-Furqon Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (505kB) |
|
Text
4 BAB 1 MUNAQOSYAH RUQOYYAH.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB 2 MUNAQOSYAH RUQOYYAH.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB 3 MUNAQOSYAH RUQOYYAH.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB 4 MUNAQOSYAH RUQOYYAH.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 BAB 5 MUNAQOSYAH RUQOYYAH.pdf Download (429kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
Abstract
Masih banyaknya siswa yang mencontek, membolos, hilangnya qudwah khasanah (teladan yang baik) seolah-olah sudah menjadi budaya yang sering dilakukan peserta didik. Hal ini menegaskan bahwa guru yang mengajar mata pelajaran apapun tidak hanya mencerdaskan kognitifnya saja, melainkan harus menekankan pentingnya pendidikan karakter pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di MTs. Al-Furqon Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research dan menggunakan pendekatan kualitatif di MTs. Al-Furqon Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, staf TU dan peserta didik, metode observasi mengenai pendidikan karakter berbasis budaya sekolah, dan dokumentasi yang berupa foto-foto dan catatan laporan penelitian. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, diantaranya yaitu peningkatan ketekunan, triangulasi, member check, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter dan budaya sekolah di MTs Al-Furqon dimulai sejak awal mula berdirinya madrasah. Pendidikan karakter yang di terapkan di MTs Al-Furqon yaitu religius, disiplin, bertanggung jawab, jujur, sopan santun, peduli lingkungan, peduli sosial. Sedangkan budaya sekolah yang dilakukan yaitu budaya 3S (senyum, sapa, salam), berdoa di awal dan akhir pembelajaran, satu hari satu surat, kebersihan lingkungan madrasah dan kelas, shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, yasinan, istighosah, kegiatan PHBI, kamis beramal, dan bakti sosial. Pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di MTs Al-Furqon Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus dilaksanakan dalam kegiatan pengembangan diri, yaitu kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, dan pengkondisian. Dampak dari implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MTs Al-Furqon Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus tahun 2018/2019 yaitu karakter religius siswa semakin terbentuk, lebih sopan santun, menghargai dan menghormati guru, siswa menjadi lebih baik dan lebih nurut kalau dinasehati guru, siswa lebih bisa bertanggung jawab, jujur, disiplin
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 03:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4350 |
Actions (login required)
View Item |