Analisis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus

Ulfah, Rizayatul (2020) Analisis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Kerusakan dan pencemaran lingkungan di Indonesia terjadi dimana-mana yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Berbagai bentuk kerusakan dan pencemaran yang dapat dikenal yaitu banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, kerusakan terumbu karang, pencemaran air, udara, dan tanah dan lain-lain. Hal tersebut adalah hasil perbuatan dari manusia melalui berbagai kegiatan yang terkadang menempatkan alam sebagai bahan dagangan yang terus dieksploitasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. 3) Mengetahui solusi untuk mengatasi faktor penghambat pada implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPA kelas IV, dan sisiwa-siswi kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh tiga temuan yaitu: Pertama implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran. Ketiga, Solusi untuk mengatasi faktor penghambat pada implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:07
Last Modified: 07 Jun 2021 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item