Pembinaan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah serta Tantangan dan Strategi Wali Kelas dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0

Rohmah, Sayyidatur (2020) Pembinaan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah serta Tantangan dan Strategi Wali Kelas dalam Menghadapi Era Revolusi 4.0. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (649kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (974kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (826kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pembinaan akhlak siswa kelas III di MI Islamiyah Golatepus Mejobo Kudus (2) tantangan guru kelas dalam melaksanakan pembinaan akhlak siswa kelas III di MI Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus (3) strategi guru kelas dalam membina akhlak siswa kelas III di MI Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, wali kelas III dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wali kelas III dan siswa kelas III. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, bahan referensi dan member check, Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembinaan akhlak siswa di MI Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus dilakukan oleh kepala sekolah, guru kelas dan guru mapel akidah akhlak. Dengan begitu strategi baik kepala sekolah, guru kelas dan guru mapel akidah akhlak yang harapannya agar siswa dalam berperilaku sopan santun terhadap guru dengan baik (2) Pada era saat ini yang ditandai dengan semakin cepatnya perubahan teknologi canggih yang dapat merubah cara sikap, perilaku siswa di sekolah, untuk itu guru kelas memiliki tantangan dalam melaksanakan pembinaan akhlak siswa di sekolah adapun tantangan guru sebagai berikut: guru dituntut untuk bisa menguasai dan memanfaatkan teknologi canggih saat ini, guru kenyataannya tidak mempunyai leptop dan tidak menggunakan rpp dalam pembelajaran, guru gaptep dengan aplikasi-aplikasi yang ada di handphone, guru dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran(3) Strategi guru kelas dalam membina akhlak siswa kelas III dalam menghadapi era revolusi 4.0 dengan melalui 3 strategi yaitu keteladanan, pembiasaan, dan mujahadah ketiga strategi tersebut sudah bisa terlaksana dengan baik dan siswa sudah bisa membiasakan kegiatan tersebut dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Tantangan dan Strategi, Era Revolusi 4.0
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:18
Last Modified: 07 Jun 2021 07:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4372

Actions (login required)

View Item View Item