UPAYA KIAI DALAM MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PASANGAN PERNIKAHAN DINI MELALUI BIMBINGAN PERNIKAHAN DI DESA TURIREJO, KECAMATAN DEMAK, KABUPATEN DEMAK

Dwiyani, Luluk (2016) UPAYA KIAI DALAM MEMBENTUK PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PASANGAN PERNIKAHAN DINI MELALUI BIMBINGAN PERNIKAHAN DI DESA TURIREJO, KECAMATAN DEMAK, KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui : (1) Membentuk penyesuaian diri terhadap pasangan pernikahan dini di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, (2) Upaya kiai dalam membentuk penyesuaian diri terhadap pasangan pernikahan dini melalui bimbingan pernikahan di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, (3) Konstribusi bimbingan pernikahan terhadap pasangan pernikahan dini di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan jenis field research dan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, mendisplay data, dan penarikan kesimpulan. Metode ini dimaksudkan agar peneliti menjelaskan kondisi dan situasi riil tentang upaya kiai dalam membentuk penyesuaian diri terhadap pasangan Pernikahan Dini Melalui Bimbingan Pernikahan Di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penyesuaian diri terhadap pasangan pernikahan dini di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, yaitu: Dalam penyesuaian diri, pasangan pernikahan dini mengalami kesulitan, mengingat usia dari pelaku pernikahan dini masih tergolong sangat muda dan gejolak emosi masih sangat tinggi. Usaha untuk penyesuaian diri yaitu dengan menjaga komunikasi, berfikir dewasa dan sabar dalam menghadapi masalah. (2) Upaya kiai dalam membentuk penyesuaian Diri terhadap pasangan pernikahan dini di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, yaitu: Dengan memberikan arahan-arahan meliputi menjaga hubungan agar tetap harmonis, menjaga komunikasi, saling menghargai dan menghormati. selalu berfikir dewasa, lebih sabar dalam menghadapi segala permasalahan. (3) Konstribusi bimbingan pernikahan terhadap pasangan pernikahan dini di Desa Turirejo, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak sangatlah besar, dengan adanya bimbingan pernikahan maka pasangan pernikahan dini dapat lebih siap dalam menjalani bahtera rumah tangga dan menghadapi segala hal yang permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penyesuai Diri; Pernikahan Dini; Kiai; Bimbingan Pernikahan
Subjects: Fiqih
Fiqih > Hukum Perkawinan (Munakahat)
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:23
Last Modified: 05 Feb 2017 04:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item