Rizqiyah, Dwi Febriana (2020) Penerapan Strategi LLC (Lightening The Learning Climate) Metode Sosiodrama Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (871kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (542kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran guru pendidikan agama Islam dan upaya dalam melakukan perbaikan terhadap pembelajaran di tingkat MTs. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penerapan LLC (lightening the learing climate) metode sosiodrama pada pelajaran akidak akhlak ketika pembelajaran di kelas, untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan LLC (lightening the learing climate) metode sosiodrama pada pelajaran akidak akhlak, dan untuk mengetahui solusi dari hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan LLC (lightening the learing climate) metode sosiodrama pada pelajaran akidak akhlak. Penelitian ini menggunakan metode library reseach, sebuah pendekatan pengumpulan data melalui identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penulisan untuk mencari hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya yang berkaitan dengan penggunaan strategi LLC metode sosiodrama dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada mapel akidah akhlak. Serta Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Dalam model ini aktifitas analisis kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus-menerus sampai dirasa cukup. Hasil penelitian,setelah data-data yang peneliti dapatkan terkumpul dan dianalisis maka memperoleh 3 hasil penelitian yaitu: 1. Penggunaan strategi LLC metode sosiodrama pada pelajaran akidah akhlak di MTs yaitu, membiasakan memulai dengan aktifitas yang menyenangkan, membentuk kelompok membuat kegembiraan dalam setiap pertemuan pembelajaran di kelas, dan bermain sosiodrama. 2. Faktor pendukung dan hambatan dalam penerapan strategi LLC metode sosiodrama pada pelajaran akidah akhlak di MTs yaitu hambatannya tidak semua guru itu terampil, fasilitas sekolah kurang memadai. . 3. Upaya mengatasi hambatan dalam penerapan LLC (lightening the learing climate) metode sosiodrama pada pelajaran akidak akhlak yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan guru atau memanfaatkan media pembelajaran yang ada untuk membuat kegembiraan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LLC, Sosiodrama, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 03:46 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 03:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4388 |
Actions (login required)
View Item |