Fahmi, Laila (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (854kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (919kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (982kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (976kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (875kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (871kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi dilaksanakanya Pendidikan Karakter Berbasis Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa kelas VII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. (4) Untuk mengetahui hasil atau outcome siswa yang positif dari pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak dan peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sudah baik, hal ini terlihat dari pelaksanaan pendidikan karakter melalui komunikasi guru dan siswa mampu membentuk kepribadian siswa menjadi berkarakter. (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis komunikasi interpersonal guru dan siswa di kelas VII MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati adalah: a) Peserta didik. b) Adanya dukungan dari keluarga dan sekolah. c) Kemampuan guru. d) Perlengkapan sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat adalah : a) Peserta didik. b) Kemampuan guru. c) lingkungan. d) Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Komunikasi Interpersonal; Aqidah Akhlak |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 04:24 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 04:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
View Item |