Saefudin, Saefudin (2019) Manajemen Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Mutu Lulusan Madrasah (Studi Kasus di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (494kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (243kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (649kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (331kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
Abstract
Lulusan pendidikan yang bermutu dihasilkan oleh proses kegiatan belajar mengajar yang bermutu. Melalui pembentukan/pengembangan pendidikan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan menjadi pribadi yang unggul akan menghasilkan mutu lulusan yang unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter unggul dibutuhkan manajemen, baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) konsep mutu pendidikan karakter yang dikembangkan (2) model pengelolaan pendidikan karakter untuk mewujudkan mutu lulusan madrasah; (3) implikasi model manajemen pendidikan karakter untuk mewujudkan mutu lulusan madrasah di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang mengambil setting di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui: (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data di analisis dengan tahapan: mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah: (1) konsep mutu pendidikan karakter yang dikembangkan di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus: (a) mutu pendidikan berkarakter berkarakter tangguh dalam iman dan taqwa (firm in faith and piety) dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (excellent in science and technology), (b) nilai-nilai karakter tangguh dalam iman dan taqwa (firm in faith and piety) dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (excellent in science and technology) : religius, jujur, disiplin, peduli lingkungan dan sosial, tanggung jawabkomunikatif, dan keteladanan, (c) menggunakan prinsip keterpaduan moral knowing, moral feeling dan moral action melalui pendekatan keteladanan dan pendekatan sistem; (2) model pengelolaan pendidikan karakter untuk mewujudkan mutu lulusan madrasah di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus diawali dengan model perencanaan pendidikan karakter yang dilandasi model yang sistemikintegratif ke dalam semua mata pelajaran. Model pelaksanaannya menggunakan habitualisasi (pembiasaan), personifikasi, model keteladanan perilaku seseorang (role model), pengintegrasian kegiatan dan program ekstrakurikuler dan intrakulikuler, pengembangan kultur atau budaya madrasah yang kondusif. Model pengawasan menggunakan manajemen kontrol internal melalui tata tertib, dan eksternal melalui home visit. Metode evaluasi yang digunakan dengan observasi atau pengamatan dan jurnal guru untuk mengukur perkembangan karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung; (3) implikasi model manajemen pendidikan karakter untuk mewujudkan mutu lulusan madrasah di MA NU Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus berupa mutu lulusan madrasah yang berkarakter tangguh dalam iman dan taqwa (firm in faith and piety) dan unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (excellent in science and technology), yaitu memiliki kesadaran mewujudkan nilai-nilai karakter Beriman dan Bertaqwa, Mencintai Ilmu Pengetahuan, Percaya Diri Amal Shaleh, Akhlak Mulia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Karakter, Mutu Lulusan Madrasah | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2021 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2023 07:18 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4395 |
Actions (login required)
View Item |