Hartatik, Laili Noor (2019) Manajemen Pembelajaran Ekstra Kulikuler Keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover sd Kata Pengantar.pdf Download (595kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (280kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (537kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (739kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (424kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (517kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (228kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus, (3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala Madrasah, Guru atau Pembina, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan. Sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan instansi pendidikan yang ada di MTs NU Nurul Huda Kudus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, Perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan disusun oleh Pembina ekstrakurikuler keagamaan yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan madrasah, fasilitas yang ada dan kemampuan peserta didik. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan tahapan pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan. Ketiga, Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan, Pembina menindaklanjuti hasil identifikasi siswa yang dihasilkan bersama dangan mengadakan perbaikan terhadap kekurangan yang ada pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler sebelumnya, dan yang terakhir pembina membuat laporan kegiatan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran dilakukan oleh Pembina. Apabila hasil yang ditunjukkan kurang yang diharapkan maka sekolah akan memberikan perhatian khusus terkait dengan pembelajaran ekstakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Oleh sebab itu manajemen dalam ekstrakurikuler keagamaan berjalan dengan efektif dan efisien, serta mempunyai ekstrakulikuler yang berkualitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Keagamaan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 02:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 02:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4396 |
Actions (login required)
View Item |