Manajemen Pembelajaran Ekstra Kulikuler Keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus

Hartatik, Laili Noor (2019) Manajemen Pembelajaran Ekstra Kulikuler Keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover sd Kata Pengantar.pdf

Download (595kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus, (3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala Madrasah, Guru atau Pembina, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan. Sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan instansi pendidikan yang ada di MTs NU Nurul Huda Kudus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, Perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan disusun oleh Pembina ekstrakurikuler keagamaan yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan madrasah, fasilitas yang ada dan kemampuan peserta didik. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan tahapan pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan. Ketiga, Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan, Pembina menindaklanjuti hasil identifikasi siswa yang dihasilkan bersama dangan mengadakan perbaikan terhadap kekurangan yang ada pada pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler sebelumnya, dan yang terakhir pembina membuat laporan kegiatan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler dan tindak lanjut evaluasi pembelajaran dilakukan oleh Pembina. Apabila hasil yang ditunjukkan kurang yang diharapkan maka sekolah akan memberikan perhatian khusus terkait dengan pembelajaran ekstakurikuler keagamaan di MTs NU Nurul Huda Kudus. Oleh sebab itu manajemen dalam ekstrakurikuler keagamaan berjalan dengan efektif dan efisien, serta mempunyai ekstrakulikuler yang berkualitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Keagamaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:30
Last Modified: 09 Jun 2021 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item