IMPLEMENTASI TEKNIK THREE STEPS INTERVIEW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU RAUDLATUS SHIBYAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUDRIKAH, MUDRIKAH (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK THREE STEPS INTERVIEW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU RAUDLATUS SHIBYAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi/penerapan teknik three steps interview dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. (2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan teknik three steps interview dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi faktor penghambat teknik three steps interview pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus (4) Untuk mengetahui hasil dalam mengatasi faktor penghambat teknik three steps interview pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, guna untuk lebih fokus pada implementasi teknik three steps interview dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penerapan teknik three steps interview adalah sebuah teknik pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dengan cara diskusi aktif, dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa dan setiap siswa diberi kepercayaan untuk memberikan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang dibagikan per kelompok, dengan guru sebagai motivator di kelas.(2) faktor yang menghambatnya yakni, masih ada siswa yang gaduh dalam penerapan teknik tersebut. Selain itu, teknik three steps interview waktu 1 jam pelajaranpun tidak selesai dan tidak dapat diterapkan dalam semua materi mata pelajaran aqidah akhlak, karena membutuhkan waktu yang cukup lama. (3) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat yakni menghampiri siswa yang gaduh sendiri dan memberinya pertanyaan supaya mental anak tersebut langsung diam, nah pasti siswa yang lain pikir dua kali jika mau gaduh sendiri didalam kelas. (4) hasil mengatasinya yakni selama proses pembelajaran siswa lebih aktif menyimak temannya yang mendapat giliran interview dan membaca materi untuk menyusun pertanyaan sebelum mendapat giliran. Dan materi aqidah akhlak dapat selesai sesuai rencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Three Steps Interview, Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:29
Last Modified: 05 Feb 2017 04:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item