Penerapan Model Pembelajaran Belajar Bersama (Learning Together) dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Materi Manasik Haji di PAUD Ibnu Sina Sadang Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Sumiah, Sumiah (2020) Penerapan Model Pembelajaran Belajar Bersama (Learning Together) dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Materi Manasik Haji di PAUD Ibnu Sina Sadang Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (620kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran belajar bersama (learning together) dalam meningkatkan kemampuan manasik haji di PAUD IBNU SINA Sadang Jekulo Kudus serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan model pembelajaran belajar bersama (learning together) dalam meningkatkan kemampuan manasik haji di PAUD IBNU SINA Sadang Jekulo Kudus. Subyek penelitiannya adalah anak-anak Kelompok A (TK A) tahun ajaran 2019/2020 dalam materi manasik haji di PAUD IBNU SINA Sadang Jekulo Kudus berjumlah 33 anak yang terdiri dari 13 anak laki dan 20 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ditempuh dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan model belajar bersama (learning together) dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada materi manasik haji di PAUD Ibnu Sina Sadang Jekulo Kudus dilaksanakan pendidik melalui 5 fase, yaitu: pertama, fase penyajian materi; fase kedua, pemberian tugas, dengan tanya jawab tentang materi manasik haji; fase ketiga, pemeragaan, dilakukan peserta didik untuk melatih kemampuan memeragakan manasik haji mulai dari niat, thowaf, sa’i, wukuf di arofah dan lain sebagainya; fase keempat, pertanggungjawaban tugas, siswa diminta pendidik untuk menceritakan hal yang sudah dilakukan; dan fase kelima, refleksi atau umpan balik dengan memberikan penguatan pemahaman siswa. 2) Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran belajar bersama (learning together) dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada materi manasik haji, yaitu; tingkat intelegensi peserta didik yang baik, dapat memeragakan manasik haji dengan baik, fasilitas/sarana dan prasarana sekolah yang memadai untuk proses pembelajaran, dan banyaknya guru di PAUD Ibnu Sina yang dapat membantu kelancaran kegiatan manasik haji. Sedangkan faktor penghambat penerapan model pembelajaran belajar bersama (learning together) dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada materi manasik haji adalah; terkadang siswa malas mendengarkan materi yang disampaikan guru, malu dan takut salah dalam memeragakan manasik haji, fisik anak yang kurang sempurna, banyaknya orang tua yang meliput kegiatan manasik haji, sehingga mengganggu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Belajar Bersama (Learning Together), psikomotorik siswa, manasik haji.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2021 06:28
Last Modified: 16 Jun 2021 06:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item