Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Disabilitas Rungu Melalui Media Kartu Bergambar Pada Pembelajaran PAI Kelas V SLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus Tahun 2020

Agusta, Gatot Priambodo (2020) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Disabilitas Rungu Melalui Media Kartu Bergambar Pada Pembelajaran PAI Kelas V SLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (588kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V disabilitas rungu adalah media kartu bergambar. Subjek penelitian pada penerapan media kartu bergambar di aplikasikan pada siswa disabilitas rungu dan lokasi di SLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa disabilitas rungu, dampak penggunaan media kartu bergambar dan faktor pendukung dan penghambar penerapan media kartu bergambar pada siswa disabilitas rungu kelas V SLB Sunan Muria Cendono. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Ada tiga teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancaraa, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data yang di gunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukan : 1). Penerapan media kartu bergambar siswa kelas V SLB Sunan Muria Cendono menjadi alat bantu untuk menunjang hasil belajar siswa disabilitas rungu dalam menunjang kemampuan baik dalam hal kognitif, afektif dan psikomotorik. 2). Dampak penggunaan media kartu bergambar siswa kelas V SLB Sunan Muria Cendono mampu mengaktualisasiakan proses belajar mengajar yang berbasis media serta dapat memperlancar pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. 3). Faktor penghambat dan pendukung upaya peningkatan hasil belajar siswa disabilitas rungu melalui media kartu bergambar pada pembelajaran PAI kelas V SLB Sunan Muria Cendono baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Bergambar, Pembelajaran PAI, Disabilitas Rungu.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2021 07:01
Last Modified: 16 Jun 2021 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4422

Actions (login required)

View Item View Item