Sari, Indah Wulan (2020) Analisis Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (672kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (842kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (661kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (351kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ancaman hilangnya karakter pada peserta didik karena pengaruh dari arus globalisasi seperti perkembangan teknologi informasi yang kian hari semakin canggih. Hal ini menyebabkan banyak dari peserta didik yang mengalami kegagalan dalam bertingkah laku sehingga terjerumus ke arah yang negatif. Demi membangun karakter pada diri peserta didik kembali maka diperlukan kegiatan pembiasaan secara rutin yang nantinya dapat menjadi kebiasaan bagi peserta didik, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat dhuha di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. 2) karakter yang terbentuk pada pembiasaan shalat dhuha di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. 3) faktor pendukung dan penghambat pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk karakter peserta didik di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan pembiasaan shalat dhuha di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak mulai diadakan sejak tahun 2017. Kegiatan ini berlangsung setiap hari, dari hari sabtu hingga kamis sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) di mulai atau lebih tepatnya pada pukul 06.45 – 07.00 WIB secara berjama’ah di halaman madrasah. 2) karakter yang terbentuk pada peserta didik melalui pembiasaan shalat dhuha di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak, antara lain: a. religius, b. disiplin, c. tanggung jawab, d. kerja keras, e. jujur, dan f. toleransi. 3) Faktor pendukung pembiasaan shalat dhuha di MA keterampilan Al Irsyad Gajah Demak meliputi a. komitmen semua warga madrasah, b. sarana prasarana, c. peran serta guru dalam menjadi teladan bagi siswa. Sedangkan faktor penghambat pembiasaan shalat dhuha di MA keterampilan Al Irsyad Gajah Demak meliputi a. masih adanya siswa yang datang terlambat, b. cuaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Shalat Dhuha, Karakter |
Subjects: | Fiqih > Ibadah > Shalat > Shalat Sunah Fiqih > Ibadah > Shalat 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 01:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 01:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4424 |
Actions (login required)
View Item |