POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM MENURUT SYAIKH JAMAL ABDURRAHMAN DALAM TERJEMAHAN KITAB ATHFAALUL MUSLIMIN KAIFA ROBBAAHUM AN NABIYYUL AMIN SHALALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM

SETIANINGRUM, DWI LIS (2016) POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM MENURUT SYAIKH JAMAL ABDURRAHMAN DALAM TERJEMAHAN KITAB ATHFAALUL MUSLIMIN KAIFA ROBBAAHUM AN NABIYYUL AMIN SHALALLAHU ‘ALAIHI WASSALAM. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi,Daftar Gambar, Daftar Tabel.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mengalihkan pengetahuan, kebudayaan kepada generasi selanjutnya. Pendidikan di lingkungan keluarga merupakan jalur pendidikan yang signifikan karena keluarga tempat pertama untuk pertumbuhan anak, di mana anak mendapat pengaruh dari anggota-anggotanya pada masa yang penting dan paling kritis dalam pendidikan anak, yaitu tahun pertama dalam kehidupannya (usia pra-sekolah). Menurut Pemikiran Syaikh Jamal Abdurrahman dalam terjemahan kitab Athfaalul Muslimin Kaifa Robbaahum An Nabiyyul Amin Shalallahu ‘Alaihi Wassalam pendidikan dimulai sejak anak berada dalam sulbi ayahnya karena fase ini pendidik dapat menanamkan prinsip-prinsip yang lurus dan berorientasi yang baik dalam jiwa dan perilaku anak didiknya. Islam menekankan pentingnya peran orang tua untuk terlibat aktif dalam proses pendidikan agar anak tetap berkembang sesuai fitrahnya. Dalam skripsi ini, peneliti menulis tentang pola pendidikan anak dalam terjemahan kitab Athfaalul Muslimin Kaifa Robbaahum An Nabiyyul Amin Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menurut Syaikh Jamal Abdurrahman. Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripikan pemikiran Syaikh Jamal Abdurrahman tentang pola pendidikan anak dalam Islam. Manfaat penelitian ini secara teoritis memperkaya khazanah pendidikan anak dalam Islam, menjadi stimulus bagi penelitian berikutnya dalam kajian pendidikan anak dan secara praktisnya untuk memperluas cakrawala dalam bidang pendidikan anak dan untuk memberikan informasi tentang pola pengasuhan Islam kepada para orang tua dan calon pendidik. Untuk memperoleh hasil penelitian penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), dengan pendekatan filosofis. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu dengan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dilakukan dengan metode Content Analysis, suatu teknik penelitian untuk membuat inferenisi (simpulan) yang dapat ditiru dan shahih data dengan memperhatikan konteksnya, dan metode hermeneutik yang mentransendensikan bentuk Interpretasi Linguistic, serta Analisis Induktif yang berangkat dari data empirik menuju teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan anak usia 0-10 tahun dalam terjemahan kitab Athfaalul Muslimin Kaifa Robbaahum An Nabiyyul Amin Shalallahu ‘Alaihi Wassalam antara lain (1) Pendidikan anak usia 0-3 tahun dimulai dari: a) masa pranatal yaitu berdoa untuk anak saat masih dalam sulbi ayahnya, b) masa balita yaitu dikumandangkan adzan ditelinga bayi saat bayi lahir, mentahnik bayi dengan kurma dan mendoakannya, aqiqah, memberi nama yang baik untuk anak, menanamkan kejujuran dan tidak suka berbohong, tidak mengajarkan kemungkaran kepada anak. (2) Pola asuh Islami yang diajarkan pada anak usia 4-10 tahun yaitu, mengajarkan akhlak mulia, mengajarkan etika makan, mengajari anak adzan dan sholat, mengajari anak sopan santun dan keberanian. Pendidikan pada anak usia dini (enam tahun pertama) merupakan masa keemasan (the golden age) bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, selain gizi yang cukup beragam stimulus juga haru diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Syaikh Jamal Abdurrahman, Athfaalul Muslimin Kaifa Robbaahum An Nabiyyul Amin Shalallahu ‘Alaihi Wassalam, dan Pola Pendidikan Anak Dalam Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:38
Last Modified: 05 Feb 2017 04:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item