Implementasi Kegiatan Mengecap dengan Bahan Alam untuk Melatih Perkembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun di RA. Masyithoh Kertomulyo, Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Fatimah, Siti (2020) Implementasi Kegiatan Mengecap dengan Bahan Alam untuk Melatih Perkembangan Fisik Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun di RA. Masyithoh Kertomulyo, Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (367kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research ) dengan pendekatan kualitatif yang Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan pembelajaran mengecap dengan bahan alam untuk melatih perkembangan fisik motoik halus anak usia 3-4 tahun di RA. Masyithoh Kertomulyo Margoyoso Pati tahun ajaran 2019/2020, (2). Untuk mengetahui bagaimana hasil kegiatan pembelajaran mengecap dengan bahan alam untuk melatih perkembangan fisik motoik halus anak usia 3-4 tahun di RA. Masyithoh Kertomulyo Margoyoso Pati tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah 4 guru dan peserta didik 18 anak kelompok RA. A, 7 anak laki-laki 11 anak perempuan . Disini peneliti mengambil lokasi di RA. Masyithoh Kertomulyo Margoyoso Pati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sedang uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas ( derajat kepercanaan), uji transferability ( uji keteralihan), uji dependability ( uji kebergantungan ) dn teknis analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification (kesimpulan). Data yang terkumpul dari analisis data dengan tahapan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian yang didapatkan melalui beberapa teknik didapatka antara lain (1) Implementasi kegiatan pembelajaran mengecap dengan bahan alam untuk melatih perkembangan fisik mkotorik anak usi a 3-4 tahun diRA. Masyithoh Kertomulyo Margoyoso Pati tahun ajaran 2019/2020 yang mengacu pada rancangan pembelajaran, Standrar tingkat perkembangan anak (STTPA), Kompetensi Dasar (KD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH), sedangkan waktu yang digunakan untuk melakukan kegiatan mengecap bersifat kondisional.menggunakan media belajar sambil bermain sedangkan Bahan-bahan yang digunakan pun menarik anak –anak seperti banan alam (sayuran, buah, daun) disamping itu juga ada cat, pewarna makanan ataupun pewarna buatan dari bahan alam sehingga bisa bereksperimen langsung dan menimbulkan ide-ide kreatif anak. (2) Hasil kegiatan pembelajaran mengecap dengan bahan alam untuk melatih perkembangan fisik motorik halus anak usia 3-4 tahun di RA. Masyithoh Kertomulyo Margoyoso Pati diketahui kemampuan perkembangan fisik motorik halus anak dalam mengecap bentuk, pengenalan warna dan kreatifitas anak yairu berkembanag sangat baik (BSB) sebanyak 7 anak maksudnya adalah anak dapat melakukan kegiatan yang diinstruksikan secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan, Sebanyak 6 anak telah berkembang sesuai dengan harapan (BSH), maksudnya anak sudah dapat melakukannya secara mandiri sesuai dengan penjelasan dari guru, Sisanya sebanyak 5 anak mulai berkembang (MB), maksudnya anak dalam melakukan kegiatan masih butuh bantuan dari guru. Kegitan mengecap juga sangat membantu dalam perkembangan anak usia dini daya fikir anak, kerjasama, berinteraksi denan teman sebaya maupun guru, anak lebih aktif , ketrampilan dan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Mengecap, Bahan Alam dan Motorik Halus.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:26
Last Modified: 18 Jun 2021 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item