Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab (Analisis Surat Al-Ahzab Ayat 21)

Choiriyah, Iin (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shihab (Analisis Surat Al-Ahzab Ayat 21). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (621kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (889kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tafsir al-Misbah yang dikhususkan pada analisis surat al-Ahzab ayat 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), dengan menggunakan pendekatan analisis pemikiran (content analyze) untuk memperoleh data deskriptif tertulis. Kemudian dilanjutkan dengan pendekatan deskriptif analitis (descriptive of analyze research), untuk mencari informasi berupa fakta maupun hasil ide/pemikiran orang lain dengan cara menemukan, menafsirkan, serta melakukan perluasan makna terhadap hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tafsir al-Misbah karya Prof. M. Quraish Shihab analisis surat al-Ahzab ayat 21 meliputi nilai-nilai karakter berupa sifat wajib Rasulullah yaitu: Shidiq merupakan sikap yang mengandung nilai-nilai karakter kebenaran dan kejujuran yang dijadikan fondasi bagi pendidikan anak agar senantiasa berkata jujur/berkata benar dalam berbagai hal. Amanah merupakan sikap yang memiliki nilai pendidikan karakter dapat dipercaya, sikap amanah ini akan menghantarkan peserta didik menjadi pribadi yang mulia serta dapat dipercaya dalam berbagai hal. Fathanah merupakan kecerdasan yang memiliki kemampuan untuk memahami hakikat dibalik setiap peristiwa yang terjadi dan dapat menyimpulkannya sebagi suatu pelajaran dan pengalaman yang berharga yang mampu menambah pengetahuannya. Tabligh merupakan kemampuan menyampaikan pesan, berinteraksi secara efektif, dan kemampuan menerapkan pendekatan dan metodik dengan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Tafsir al-Misbah, Surat al-Ahzab ayat 21
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2021 06:58
Last Modified: 18 Jun 2021 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4437

Actions (login required)

View Item View Item