Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dan Fashahah Sebagai Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Furqon Gunungwungkal Pati

Pangestuti, Rhida Rosyida (2020) Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dan Fashahah Sebagai Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPQ Nurul Furqon Gunungwungkal Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (661kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini didasari bahwa sekarang ini problem umat Islam yang mendasar adalah semakin banyaknya generasi muda yang tidak atau kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, pendidikan agama dirasa penting bagi kelangsungan hidup generasi mendatang. Melalui pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an diharapkan bisa mencetak generasi muda yang berjiwa Qur’ani dan berakhlak Mulia. Penulis memfokuskan penelitian ini pada pembelajaran ilmu tajwid dan fashahah sebagai dasar dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran ilmu tajwid dan fashahah di TPQ Nurul Furqon Gunungwungkal Pati Pembelajarannya terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap individu, dan tahap evaluasi. (2) Kualitas kemampuan santri TPQ Nurul Furqon Gunungwungkal Pati dalam membaca Al-Qur’an tergantung pada kemampuan santri itu sendiri. Upaya para ustadzah dalam mengatasi kesulitan yang dialami santrinya dengan memperhatikan indikator yang menjadi pokok penilaiannya. (3) Faktor pendukung pembelajaran ilmu tajwid dan fashahah adalah peran orang tua, kesabaran ustadzah dalam mengajar dan semangat santri dalam belajar. Faktor penghambatnya yaitu sikap orang tua, keterbatasan tenaga pendidik, fasilitas yang kurang memadai dan semangat santri yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Solusi yang diberikan oleh ustadzah yaitu memberikan motivasi dan semangat pada siswa serta memindahkan santri yang ramai tempat duduknya di depan. Hal ini diperoleh pembelajaran ilmu tajwid dan fashahah memberikan dampak positif bagi perkembangan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiroa’ti. (4) Implikasi yang didapat dengan mengapliksikan setiap harinya dapat meningkatkan kemampuan membca Al-Qur’an yaitu santri dapat membaca Al-Qur’an dengan cepat dan tepat, santri dapat menguasai semua materi dan santri dapat lulus dengan cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Tajwid, Fashahah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:06
Last Modified: 21 Jun 2021 07:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item