Hamidah, Aulia (2020) Mendongeng Sebagai Penanaman Karakter Anak Usia Dini Kelas B di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (292kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (450kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (225kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (918kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan mendongeng sebagai penanaman karakter anak usia dini kelas B di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif mendongeng sebagai penanaman karakter anak usia dini kelas B di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subyek yang diteliti, serta interaksinya dengan lingkungan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini Kelas B RA Penerapan mendongeng dalam pembelajaran di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus di laksanakan dengan beberapa langkah yaitu: langkah pertama persiapan, diantaranya: menentukan tema, mempersiapkan materi/cerita, media yang dibutuhkan dan tehnik pelaksanaan. Kedua langkah pelaksanaan yang mencakup tahapan, antara lain: kegiatan pembukaan, kegiatan inti (penerapan mendongeng) dan kegiatan recalling/penutup. Ketiga langkah tindak lanjut/evaluasi. strategi guru melalui penerapan mendongeng dilaksanakan sesuai Rencana Pembelajaran (RPPH) dan kebutuhan anak. Dampak pelaksanaan mendongeng dalam menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini Kelas B RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus yaitu perubahan karakter pada anak yang mampu teramati yaitu perubahan secara verbal dan perilaku, dalam bertutur kata, anak-anak RA menjadi lebih sopan dan halus setelah penerapan mendongeng di RA. Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Perubahan verbal dan perilaku tersebut signifikan, hal tersebut sesuai dengan pernyataan guru kelas, wali siswa siswi di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Adapun kelebihan dari strategi mendongeng yaitu: melatih daya pikir anak dengan mengingat alur cerita serta karakter atau tokoh yang ada dalam cerita yang didengar, melatih daya konsentrasi anak, meningkatkan kemampuan mendengar dan mendorongnya untuk fokus, menciptakan suasana senang, dan menambah wawasan dan menghemat biaya APE. Dampak negatif dari strategi mendongeng dalam menumbuhkan karakter anak usia dini antara lain: anak cepat bosan, anak kurang aktif karena guru lebih dominan, dan anak masih belum tentu bisa mengungkapkan kembali cerita dengan sempurna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mendongeng, Penanaman Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 02:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4455 |
Actions (login required)
View Item |