Shifa, Lailatus (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (202kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (499kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (565kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran fiqih dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga hal itu berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif konvensional. (3) untuk mengetahui hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dan kelas kontrol sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif konvensional (4) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Design penelitian eksperimen yang digunakan adalah True Eksperimental Design yang berbentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah segala sesuatu yang berada di SMP Islam Integal Luqman Al Hakim Kudus. Sampling dalam penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini adalah, (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz mempunyai nilai rata-rata 75 dan 81,76. (2) Hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran kooperatif konvensional memounyai nilai rata-rata 69,38 dan 73,44. (3) Hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 44,53 sedangkan hasil belajar afektif kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 41,75. (4) Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil t hitung untuk hasil belajar kognitif yaitu 0,001, dimana 0,001 < 0,05 dan t hitung untuk hasil belajar afektif yaitu 0,013, dimana 0,013 < 0,05
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran kooperatif, Strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz, hasil belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 03:37 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 03:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |