Tahlilu tadakhul lughowi fi maharoh tarjamah ladai at thullab fi madrosah tsanawiyah islamiyah roudlotul mubtadiin balekambang jepara li sanati dirosiyyah 2019/2020 M

Fikriyyah, Kamilatul (2020) Tahlilu tadakhul lughowi fi maharoh tarjamah ladai at thullab fi madrosah tsanawiyah islamiyah roudlotul mubtadiin balekambang jepara li sanati dirosiyyah 2019/2020 M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (837kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (586kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (798kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (887kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (617kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (551kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Seyogyanya pelajar bahasa asing harus memiliki kemahiran berbahasa dengan baik. Namun pada kenyataannya masih ditemukan kesalahan-kesalahan berbahasa dalam keterampilan berbahasa tertentu, seperti dalam keterampilan menerjemah. Oleh karena itu peneliti mencoba menganalisis interferensi bahasa pada keterampilan menerjemah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menerjemah siswa, untuk mengetahui bentuk interferensi bahasa dalam penerjemahan siswa, dan untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya interferensi bahasa pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitain ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa temuan sebagai berikut: Pertama, siswa MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara memiliki kesulitan dalam menerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Arab dikarenakan kendala pada penguasaan mufrodat dan gramatikal. Kedua, interferensi bahasa dalam menerjemah siswa terjadi dalam bentuk interferensi morfologis (mudzakar/muannats, perubahan fi’il madhi/mudhori’), interferensi sintaksis (penyusunan jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah), dan interferensi semantik. Ketiga, permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran mengakibatkan adanya interferensi bahasa pada siswa. Faktor yang menyebabkan interferensi bahasa adalah dominasi bahasa Indonesia, minimnya kosa kata bahasa Arab yang diketahui dan penguasaan kaidah bahasa Arab. Untuk meminimalisir adanya interferensi bahasa dapat dilakukan dengan cara menambah penguasaan bahasa Arab terutama pada kaidah bahasa dan penguasaan mufrodat bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Interferensi Bahasa, Keterampilan Menerjemah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:27
Last Modified: 25 Jun 2021 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item