IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN BAWU JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abid, Ahmad Jazilul (2016) IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN BAWU JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran fiqih. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Bawu Jepara Tp 2016/2017. (3) Mengetahui solusi untuk implementasi metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2016 / 2017. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah field research dan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran fiqih, waka kurikulum, teman sejawat guru fiqih dan peserta didik kelas XI. Adapun lokasi penelitian berada di MAN Bawu Jepara. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan metode Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN Bawu Jepara Tp 2016/2017 yaitu dengan siswa mengimplementasikan konsep yang dimiliki siswa dari pengalaman yang sudah dimiliki dan informasi yang sudah didapat dari berbagai sumber, lalu guru memberikan materi yang akan diajarkan, setelah itu siswa berargumen tentang materi tersebut dengan fokus kepada banyaknya argumen atau pendapat yang sudah diungkapkan oleh siswa, Dari jenis materi yang diberikan dengan metode brainstorming. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran fiqih di MAN Bawu Jepara Tp 2016/2017 yaitu dilihat dari faktor pendukung mulai dari sarana-prasarana, ruang perpustakaan yang bisa digunakan siswa untuk mencari bekal sebalum pembelajaran serta ada penunjang lain seperti ekstra kulikuler dan guru yang sudah siap, itu merupakan faktor penunjang dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming. Adapun faktor penghambat dalaam pembelajaran yaitu banyaknya siswa yang berpendapat maka gurupun sedikit kebingungan dalam menyimpulkan serta masih terdapat anak-anak yang malu dan cenderung pasif dalam diskusi. (3) Solusi metode brainstorming dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas XI pada mata pelajaran fiqih di MAN Bawu Jepara tahun pelajaran 2016 / 2017. Dimulai dengan siswa memahami dalam kelas bagaimana memanfaatkan diri dalam masyarakat, yang kedua tentunya dipraktekkan melalui pembiasaan agar saling membantu satu sama lain dan yang terakhir ada melalui ekstra kulikuler dimana setiap event mengundang ekstra lain sehingga aspek itu terbentuk melalui pembiasaan, serta dari sudut pandang guru, guru harus lebih siap untuk menggunakan metode tersebut serta jika dirasa metode tersebut tidak efektif maka sediakan plan b.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming; keterampilan sosial
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 05:00
Last Modified: 05 Feb 2017 05:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/453

Actions (login required)

View Item View Item