Pembinaan Akhlak Anak Pada Keluarga Home Industry Tenun (Studi Kasus di Keluarga Pengrajin Tenun Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara)

Indrawati, Devi Mulyani (2020) Pembinaan Akhlak Anak Pada Keluarga Home Industry Tenun (Studi Kasus di Keluarga Pengrajin Tenun Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER sd KATA PENGANTAR.pdf

Download (973kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (844kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (890kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (603kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (649kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan mencari informasi mengenai proses pembinaan akhlak anak pada keluarga home industry tenun dan faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh orang tua dalam proses pembinaan akhlak, serta metode yang digunakan oleh orang tua dalam pembinaan akhlak anak di desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah orang tua pada keluarga home industry tenun dan anak-anaknya. Selain itu, subyek penelitian yang lain adalah tokoh agama dan guru sekolah sore di desa Troso Pecangaan Jepara. Data-data mengenai pembinaan akhlak anak dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara langsung kepada beberapa narasumber terkait serta dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis data-data yang terkumpul dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam proses pembinaan akhlak, orang tua mempunyai cara tersendiri dalam mendidik anak dan menerapkan pola asuh yang dipilihnya. Diantaranya dengan konsisten dalam mendidik anak dan mendidiknya berdasarkan usia serta menerapkan pola asuh demokratis, mengikutsertakan anak dalam kegiatan keagamaan seperti TPQ atau Madrasah Diniyah, dan membagi waktu antara kesibukan bekerja dengan memberi perhatian kepada anak. Orang tua juga megelola keuangan keluarga dengan baik untuk mendukung kegiatan tersebut. Dalam proses pembinaan akhlak anak, ditemukan faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pembinaan akhlak anak meliputi tersedianya lembaga yang mengajarkan akhlak, adanya tokoh agama yang mengajarkan akhlak, dan kesadaran orang tua pentingnya mengajarkan akhlak pada anak. sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan pergaulan teman yang salah sehingga memengaruhi proses pembinaan akhlak. 2) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak anak yaitu metode pembiasaan, keteladanan, reward dan punishment, dan kisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak Anak, Metode
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:12
Last Modified: 28 Jun 2021 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item