Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Tematik Kelas V Di Mi Miftahul Falah Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020

Magfiroh, Faizatul (2020) Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Tematik Kelas V Di Mi Miftahul Falah Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Kemampuan guru dalam merancang bahan ajar menjadi hal yang sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar melalui sebuah bahan ajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Dengan adanya bahan ajar, guru akan lebih runtut dalam mengajarkan materi kepada siswa dan kompetensi yang telah ditentukan akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Untuk mengetahui Bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar tematik di kelas V MI.Miftahul Falah Rembang tahun pelajaran 2019-2020.(2)Untuk mengetahui adanya faktor faktor yang mendukung dan menghambat dalam proses mengembangkan bahan ajar Tematik di kelas V MI.Miftahul Falah Rembang tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan menggunakan paradigma naturalistik. Lokasi penelitian di MI.Miftahul Falah Rembang sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar.Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru mampu mengembangkan bahan ajar pada proses pembelajaran, guru tidak hanya mampu menggunakan bahan ajar non cetak,namun juga bahan ajar yang langsung/nyata dll. (2)Faktor penghambat proses guru dalam mengembangkan bahan ajar dari apa yang sudah dijelaskan diatas antara lain lokasi madrasah, serta biaya untuk pembuatan bahan ajar baru dan waktu , kurangnya waktu untuk guru dapat berkreasi sesuai dengan materi pelajaran yang ada. Jika seorang guru tidak dapat memanfaatkan lokasi dan waktu dengan baik, maka guru akan sulit untuk mengkreasikan bahan ajar yang sudah ia persiapkan untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru, mengembangkan bahan ajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:35
Last Modified: 29 Jun 2021 01:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4610

Actions (login required)

View Item View Item