Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan Tahun Ajaran 20119/2020

Azizah, Umi Muflikatun (2020) Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Salafiyah Kalanglundo Ngaringan Grobogan Tahun Ajaran 20119/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (700kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (649kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (845kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (926kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (694kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs. Salafiyah Kalanglundo. (2) Mendeskripsikan apa saja kendala dalam penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs. Salafiyah Kalanglundo. (3) Mendeskripsikan bagaimana upaya atau solusi dari kendala penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs. Salafiyah Kalanglundo. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru sejarah kebudayaan islam (SKI), dan 2 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang relevan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MTs. Salafiyah Kalanglundo Ngaringan telah dilaksanakan pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. (1) pelaksanaan penilaian autentik telah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan seluruh bentuk penilaian pada aspek kognitif telah terlaksana dengan baik, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik seluruh bentuk penilaianya juga telah dilaksanakan meskipun belum berjalan dengan optimal. (2) Hambatan-hambatan yang dialami oleh guru SKI yaitu kemampuan guru yang kurang dalam aplikasi penilaiannya, kurangnya sarana prasarana, kurangnya pemahaman peserta didik tentang penilaian, dan belum siapnya peserta didik dalam penilaian autentik, serta keterbatasanya waktu. Solusi yang dilakukan adalah dengan mengikutkan guru dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran, adanya komunikasi dan kerjasama antara guru SKI dengan guru lainya, dengan kepala Madrasah dan wakil kepala madrasah, serta adanya supervisi yang dilakukan dalam setiap satu semester dan perlu di imbangi dengan fasilitas yang baik agar penilaian autentik dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penilaian Autentik, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2021 07:43
Last Modified: 30 Jun 2021 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item