Implementasi, Penilaian Autentik, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Sundari, Ayu Aulia (2020) Implementasi, Penilaian Autentik, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits di Mts Nu Matholibul Huda Dawe Kudus Pada Tahun 2019/.2020. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di Mts Nu Matholibul Huda Dawe Kudus Pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif pada kelas IX di Mts Nu Matholibul Huda dawe kudus, pengumpulan data tersebut diperoleh dengan metode observasi pembelajaran Al-qur’an hadits dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning, kelompok diskusi tim ahli dan tim ahli, keaktifan belajar, semangat belajar, serta catatan hasil diskusi peserta didik), penyajian data meliputi hal yang bersangkutan dalam reduksi data yaitu interaksi belajar, kelompok diskusi di tim asal dan ahli peserta didik. Keaktifan belajar, semangat belajar serta catatan hasil diskusi tim asal dan tim ahli dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Implementasi model pembelajaran cooperative learning yang digunakan guru Al-qur’an Hadits memiliki tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, untuk belajar peserta didik karena model pembelajaran ini terdapat kegiatan kelompok asal, kelompok ahli atau sebaya, untuk melatih peserta didik bertanggung jawab, mandiri dan produktif dalam pembelajaran dengna diskusi kelompok, dan membuat peserta didik lebih bersemangat dan tidak bosan di dalam pembelajaran, 2) faktor pendukung yaitu mengetahui karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2021 07:52
Last Modified: 30 Jun 2021 07:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4686

Actions (login required)

View Item View Item