Malikatun, Siti (2020) Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak Berbasis Karakter Bagi Siswa di MTs Tarbiyatus Shibyan Margomulyo Juwana Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (999kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. BAB II .pdf Download (571kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (318kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (510kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak berbasis karakter di MTs Tarbiyatus Shibyan; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak berbasis karakter di MTs Tarbiyatus Shibyan; (3) untuk mengetahui dampak pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak berbasis karakter setelah diimplementasikan kepada siswa di MTs Tarbiyatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memfokuskan subyek penelitian kepada guru mata pelajaran Akidah Akhlak. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi (sumber, teknik, waktu), bahan referansi, dan member check. Analisis data menggunakan analisis model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak berbasis karakter merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengurangi kejenuhan belajar pada peserta didik dengan mengaitkan pembentukan karakter yang dibutuhkan oleh siswa. Dalam mengembangkan bahan ajar ini, guru memiliki beberapa tahapan, yaitu: Pertama perencanaan, yaitu mempersiapkan konsep materi pembelajaran yang akan disampaikan. Kedua penerapan, setelah mempersiapkan konsep materi kemudian diterapkan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Ketiga evaluasi, untuk mengukur hasil dari pengembangan bahan ajar. 2) Faktor pendukung pengembangan bahan ajar adalah semua warga sekolah dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adalah dukungan atau motivasi dari orang tua dan kemampuan anak yang berbeda-beda, serta terbatasnya waktu dan kemampuan yang dimiliki guru untuk menulis sendiri materi. 3) Dampak positif yang bisa diambil adalah siswa mengikuti arahan yang diberikan guru dan mematuhi peraturan yang ada di sekolah. Dampak negatifnya adalah saat jam pelajaran berlangsung terdapat beberapa siswa yang tidak memerhatikan penjelasan dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Karakter. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 05:10 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 05:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4723 |
Actions (login required)
View Item |