Arifin, Saiful Arifin (2021) Fa'aliyah Istikhdam Kitab al Lubab fi Ta'lim al Lughah al Arabiyyah li Tarqiyah Isti'ab al Qowaid al Nahwiyah Ladaya al Thulab bi al Ma'had al Hidayah Selo Tawangharjo Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (949kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (324kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (285kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (396kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Bahasa Arab memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan mendengar berada pada posisi yang sangat penting sebagai dasar komunikasi, sehingga pendidik memerlukan metode khusus dalam mengajarkan kamampuan secara efektif. Maka peneliti menerapkan penggunaan kitab Al Lubab dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan kaidah nahwu santri pondok pesantren Al Hidayah selo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kitab Al Lubab dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan kaidah nahwu santri di pondok pesantren al hidayah selo tawangharjo grobogan. Kemudian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kitab Al Lubab dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan kaidah nahwu santri di pondok pesantren al hidayah selo tawangharjo grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalu metode wawancara, observasi, dokumetasi, dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T.test. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa peningkatan keterampilan mendengar siswa di kelas eksperimen dalam proses eksperimental penggunaan kitab Al Lubab dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada hasil jumlah siswa pada kelas kontrol, dengan hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan kaidah nahwu santri di kelas kontrol dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,336 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (2) Kemampuan menulis santri pada kelas eksperimen thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14,818 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (3) Berdasarkan analisis kuantitatif hasil pencarian, "Ada pengaruh dalam menggunakan kitab Al Lubab untuk meningkatkan kemampuan kaidah nahwu dalam pengajaran bahasa Arab di pondok pesantren al hidayah selo" dapat diterima, jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai thitung dalam kelas eksperimen jauh dari ttabel taraf signifikan 5%, dan nilai thitung pada kelas kontrol dekat dengan ttabel taraf signifikan 5%. Peningkatan keterampilan kaidah nahwu di kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan keterampilan kaidah nahwu di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan; Kitab Al Lubab; Kemampuan Kaidah Nahwu |
Subjects: | Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 07:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 07:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4782 |
Actions (login required)
View Item |