Karim, Abdul (2020) Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan : Pendekatan Manajemen Partisipatif. Arti Bumi Intaran, Yogyakarta. ISBN 978-623-6864-32-6
Text
Buku pendidikan pembangunan berkelanjutan 2020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan lingkungan hidup (PLH) memiliki peran dan manfaat yang besar bagi kesejahteraan dan kesinambungan hidup masyarakat terkait pelestarian kawasan hutan. Rendahnya pemahaman dan keterampilan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup hutan, menjadikan masyarakat rentan terprovokasi oleh pihak-pihak yang memiliki kepentingan mencari keuntungan material dan kepuasan pribadi serta tidak memiliki tanggung jawab bersama membangun tata kehidupan dalam suatu komunitas yang menginginkan hidup harmonis antar sesama mahluk di muka bumi. Ketiadaan pengetahuan hidup berlingkungan membuat manusia ingin memenuhi kebutuhan dan kepuasan hidup dengan menjadikan alam sekitar sebagai alat pemuas kebutuhan, yang sesungguhnya alampun termasuk di dalamnya lingkungan kawasan hutan, membutuhkan bantuan manusia agar dapat tumbuh secara berkelanjutan ikut menjaga dan melestarikan alam, yang pada akhirnya bermanfaat untuk kepentingan hidup manusia beserta generasinya. PLH menjadi suatu kebutuhan untuk dilaksanakan dan disosialisasikan agar hasilnya segera dapat dimanfaatkan oleh semua pihak yang tertarik untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan terutama kawasan hutan dari kerusakan. Tujuan dari pendidikan lingkungan hidup sejatinya meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik agar memiliki tanggung jawab bersama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan melalui berbagai kegiatan sehari-hari. Sasaran pendidikan tidak terbatas pada pendidikan formal di sekolah, namun juga pada pendidikan di masyarakat dan di lingkungan keluarga agar isu pelestarian lingkungan hidup, menjadi pemahaman yang merata dan menyeluruh ke semua lapisan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah manajemen pendidikan lingkungan hidup berbasis partisipasi, dengan tujuan meningkatkan pemahaman arti dan makna pendidikan lingkungan hidup dan pengembangannya dengan maksud meningkatkan kesadaran peserta didik, anggota dari lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang tidak hanya untuk memenuhi kehidupan saat ini tapi juga untuk generasi selanjutnya. Hasil akhir dari penelitian diharapkan dapat menghasilkan model manajemen pendidikan lingkungan hidup yang dapat mengungkapkan data-data faktual dan berbagai informasi berbasis partisipasi masyarakat. Dalam kajian lebih mendalam, diharapkan penelitian ini dapat membantu: (1) mendeskripsikan model manajemen pendidikan lingkungan hidup berbasis partisipasi guna meningkatkan pemahaman warga tentang hidup berlingkungan di kawasan hutan dan pemanfaatannya serta pelestariannya, (2) mendapatkan model pendidikan lingkungan hidup berbasis partisipasi untuk meningkatkan kesadaran warga guna menjaga dan melestarikan kawasan hutan dari kerusakan, dan (3) meningkatkan keterampilan warga dalam ikut serta mengembangkan sikap dan tindakan dalam merespon berbagai macam isu dan permasalahan terkait upaya pelestarian lingkungan hidup hutan.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Manajemen Partisipatif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Karya Ilmiah > Buku |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 02:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 02:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4861 |
Actions (login required)
View Item |