Kepemimpinan Partisipatif (Shared Leadership) Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI NU Imaduddin Hadiwarno Tahun 2019

Zamroni, Muhammad Adib (2020) Kepemimpinan Partisipatif (Shared Leadership) Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI NU Imaduddin Hadiwarno Tahun 2019. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (910kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (661kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (591kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam, mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Kepemimpinan Partisipatif (Shared Leadership) Kepala Madrasah di MI NU Imaduddin Hadiwarno tahun 2019, 2) Mutu Pendidikan di MI NU Imaduddin Hadiwarno tahun 2019, dan 3) Implementasi Kepemimpinan Partisipatif (Shared Leadership) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI NU Imaduddin Hadiwarno tahun 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer bersumber dari informan kunci, yaitu: 1) Kepala Madrasah, 2) Wakil Kepala, 3) Guru Kelas. Sementara informan pendukung, yaitu: 1) Tenaga Kependidikan dan 2) Pengurus Yayasan. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Uji keabsahan data melalui Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (Objektifitas). Teknik análisis data yang meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data, dan (3) Verifikasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, mengadakan pengecekan data dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kepala MI NU Imaduddin Hadiwarno telah memiliki kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang kepala madrasah, selalu memberikan saat penerimaan peserta didik baru, serta membimbing dan mengarahkan para guru untuk selalu lebih baik. 2) Mutu pendidikan di MI NU Imaduddin meliputi: memiliki prestasi yang lebih di banding sekolah atau madrasah sekitar, menjaga kualitas di bidang lulusan. 3) Kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MI NU Imaduddin Hadiwarno meliputi: Pertama, kepala madrasah menyusun program dan kegiatan, merumuskan rencana angggaran sekolah, serta merumuskan rencana kerja tahunan sekolah. Kedua, Pengarahan dilaksanakan dengan mengedepankan sikap ramah dan penuh perhatian, sabar dan membantu, memperlihatkan simpati, dan pemberian motivasi. Ketiga, Pengawasan dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui kegiatan monitoring atau sepervisi akademik dengan menggunakan teknik supervisi individual dengan pendekatan secara langsung melalui kunjungan kelas sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Partisipatif, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:56
Last Modified: 16 Aug 2021 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item