Konsep Kepribadian Peserta Didikdalam Kitab Adab al-’Alim Wa al-Muta’allim KaryaK.H. HasyimAsy’ari

Khamid, Nor (2020) Konsep Kepribadian Peserta Didikdalam Kitab Adab al-’Alim Wa al-Muta’allim KaryaK.H. HasyimAsy’ari. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini adalahpenelitian kepustakaan (library research), yang mencoba untuk mengetahui dan menganalisis konsep kepribadian peserta didik dalam kitabAdab al-’Alim Wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dan penerapannya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan eksplorasi bahan-bahan pustaka secara holistik, kemudian dianalisis berdasarkan kerangka berpikir atau paradigma filosofis yang melandasinya, selanjutnya menggunakan pendekatan tertentu sesuai tujuan penelitian yang ingin dicapai. Data Primer adalah buku Adab al-'Alim Wa al-Muta'allim oleh K.H. Hasyim Asy’aridan data sekunder bersumber darijurnal pendidikan Islam, artikel, buku pendidikan agama Islam atau literatur lain yang relevan.Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis), analisis deskriptif dan historis. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep kepribadian peserta didik dalam kitabAdab al-’Alim Wa al-Muta’allimkarya KH. Hasyim Asy’aridi antaranya adalah etika kepribadian peserta didik dan etika peserta didik terhadap guru, yaitu senantiasa membersihkan hati, memiliki niat yang baik, fokus dalam mempergunakan masa muda untuk menuntut belajar ilmu, pandai membagi waktu, menerima sandang-pangan dengan kesabaran, makan dan minum secukupnya serta tidak berlebihan, bersikap wara’, meminimalisir penggunaan makanan, meminimalisir tidur yang tidak bermanfaat, dan meninggalkan pergaulan yang melalaikan belajar. Sementara untuk etika peserta didik terhadap guru, di antaranya: meminta petunjuk kepada Allah perihal kepada siapa hendak berguru, bersungguh-sungguh dalam mencari guru, patuh pada guru, memandang guru dengan hormat, tahu akan hak guru dan memuliakannya. 2) Penerapan kepribadian peserta didik dalam kitab Adab al-’Alim Wa al-Muta’allimkarya K.H. HasyimAsy’aridalam pendidikan Islam terhadap dirinya sendiri diantaranya berusaha mencegah perbuatan yang negatif yang bisa menghambat masuknya cahaya ilmu kedalam hatinya, menuntut ilmu dengan keihlasan, di usia muda, qona’ah dan membagi waktu sebaik-baiknya, membiasakan berpuasa, menjaga diri dari hal yang haram, menjaga pola makan, mengurangi waktu tidurnya dan memilih teman dalam pergaulan sehari hari. Sedangkan terhadap gurunya di antaranya: meminta petunjuk kepada Allah dalam memilih guru atau sekolah sebelum memulai ngaji atau belajar menuntut ilmu, ta’at dan patuh terhadap guru, sabar menghadapi sikap guru, berlaku sopan dan memuliakan, menyampaikan pendapat dengan sopan maupun mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Peserta Didik,Kitab Adab al-’Alim Wa al-Muta’allim
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:40
Last Modified: 19 Aug 2021 05:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item