Penerapan Metode Outclass Learning Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Mata Pelajaran Tematik Di MI NU Tholibin Tanjung Karang Tahun Ajaran 2020/2021

Nisak, Hanifatun (2020) Penerapan Metode Outclass Learning Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Mata Pelajaran Tematik Di MI NU Tholibin Tanjung Karang Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (847kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (784kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata penerapan metode outclass learning dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran tematik di MI NU Tholibin.tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode Outclass Learning dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran tematik di MI NU Tholibin; 2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode Outclass Learning dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran tematik di MI NU Tholibin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif.lokasi penelitian di MI NU Tholibin. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran tematik dan peserta didik kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, penerapan metode outclass learning dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan di MI NU Tholibin. Selain menjelaskan materi, dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan, guru melakukan pembiasaan didalam pembelajaran seperti meminta peserta didik untuk mengamati lingkungan yang ada disekitar, memotivasi untuk peduli terhadap lingkungan, mengajak membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, mencuci tangan setelah kegiatan di luar kelas dan lain sebagainya. Dengan lingkungan pembelajaran yang nyata dan pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang maka dapat menjadikan peserta didik terbiasa untuk selalu bersikap peduli lingkungan dimanapun mereka berada. Kedua factor yang mendukung dan menghambat penerapan metode outclass learning dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan di MI NU Tholibin. Faktor yang mendukung antara lain: a) Guru berkompeten; b) Materi yang mendukung; c) Motivasi; d) Sarana prasarana; e) Meningkatkan karakter peduli lingkungan; f) Meningkatkan ketrampilan sosial; g) Adanya aktifitas fisik dan kreatifitas; h) Pembelajaran bermakna. Adapun faktor penghambatnya antara lain: a) Pengondisian kelas harus lebih ekstra; b) Alokasi waktu yang terbatas; c) Konsentrasi terganggu; d) Kondisi cuaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Outclass Learning, Karakter Peduli Lingkungan, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Aug 2021 05:49
Last Modified: 19 Aug 2021 05:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item